Home / Leisure

Senin, 31 Agustus 2020 - 19:31 WIB

Wajib Tahu! Ini Jenis Antiseptik yang Cepat Bunuh Virus

Masyarakat menggunakan disinfektan terutama dalam membunuh bakteri, virus ataupun kuman yang menempel di permukaan benda. Sementara untuk membunuh mikroorganisme yang menempel di tubuh, antiseptik seperti produk hand sanitizer atau sabun banyak digunakan.

Dilansir dari healthline, antiseptik merupakan sebuah senyawa yang digunakan untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme. Biasanya antiseptik yang paling sering digunakan adalah alkohol. Namun ternyata antiseptik lainnya yang dapat dengan cepat membunuh bakteri, kuman, maupun virus yaitu Chlorhexidine Digluconate atau CHG.

“Chlorhexidine gluconate (CHG) masuk dalam bahan aktif kebersihan tangan, bekerja dengan merusak dinding bakteri (bakterisidal). Karena tidak bersifat iritatif larutan ini seringkali digunakan untuk antiseptik tangan dan kulit daerah operasi,” ujar Medical Manager Kalbe Consumer Health dr Helmin Agustina

Baca Juga  Mana yang Baik Bagi Tinggi Badan Anak? Susu Kedelai vs Susu Sapi

Dikutip dari laman chlorine.americanchemistry, biasanya antiseptik ini digunakan untuk membersihkan luka atau untuk mencuci tangan saat dokter ingin memulai proses operasi. Efek antimikroba CHG memiliki spektrum yang lebih luas, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri lebih lama.

dr Helmin mengatakan CHG juga efektif digunakan secara in vitro untuk membunuh enveloped virus seperti simplex virus, HIV, cytomegalovirus, influenza, dan RSV. CHG mempunyai kecepatan yang lebih baik dalam mereduksi bakteri dibandingkan alkohol, dan jika dikombinasikan dengan alkohol maka bisa memiliki efektivitas lebih tinggi dibanding hanya dengan alkohol saja.

“Kombinasi alkohol dan chlorhexidine digluconate bekerja dengan membunuh kuman berupa bakteri gram positif, bakteri gram negatif, mycobacteria, jamur, virus dengan cepat dan efektif,” pungkas dr Helmin.

Baca Juga  9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Obat

Nah, salah satu produk yang mengandung Chlorhexidine Digluconate untuk membunuh virus adalah Handy Clean. Handy Clean mengandung 70% alkohol dan Chlorhexidine Digluconate (CHG) 0,5%. Kombinasi Alkohol dan Chlorhexidine Digluconate bekerja membunuh kuman berupa bakteri gram positif , bakteri gram negatif, mycobacterium, jamur, virus dengan lebih cepat dan efektif, tanpa khawatir tangan menjadi kering.

Handy Clean aman untuk kulit sensitif, dengan formula ekstra, seperti Vitamin E, Aloe Vera, dan Lavender yang membantu kulit agar tetap lembab, dan halus. Produk ini juga tidak lengket dan aman digunakan oleh anak-anak. Aroma Lavender Handy Clean membuat tangan tetap wangi dalam waktu lama.

Source: https://health.detik.com/

Share :

Baca Juga

Leisure

Seri Baru Jadi Ortu, Tangisan Bayi Punya Makna Beda, Pahamkah Anda?

Leisure

Tertua di Dunia, Surat di Botol Ditemukan Setelah 132 Tahun Dilempar ke Laut

Featured

Akhirnya Terjawab, Alasan Komodo Hanya Ada di Indonesia

Leisure

Efek Telat Mengganti Oli Mesin Motor

Leisure

Standar Pelayanan Pemkot Balikpapan (DISPORABUDPAR) : Rekomendasi Tanda Daftar Usaha Pariwisata

Leisure

Super Promo Internet Diskon

Leisure

Indihome: Ngebut Internetnya, Banyak Bonusnya

Leisure

5 Destinasi Favorit Pelancong