Technology and Tips

10 Gambar Ini Bisa Membantu Berkendara yang Aman

Kelalaian pengendara masih menjadi faktor utama kecelakaan bagi pengendara kendaraan bermotor. Berikut ini gambar informatif dan edukatif tentang cara berkendara aman seperti dikutip dari Seventynine Safety Riding :

1. Kecepatan harus menyesuaikan

Berkendara sepeda motor itu bisa diibaratkan sekumpulan ikan di laut, mereka memiliki ritme dan pola pergerakan yang tersinkronisasi. Tanpa sadar rider yang sudah berpengalaman dengan mudah masuk atau mengikuti pola tersebut, namun rider-rider yang baru masuk atau baru bisa membawa kendaraan, pasti akan ragu-ragu dalam setiap pergerakan sehingga tidak tersinkronisasi dengan sekitarnya.

Dalam kasus ini kita bahas kadang ada rider yang berjalan lebih pelan di jalur cepat, di luar kerumunan atau kelompok itu. Jika ada ikan yang lebih lambat, pasti akan menggangu ikan-ikan yang lebih cepat.

Jadi jika kamu lebih lambat dari yang lain, tolong jangan sampai menggangu rider yang lain, dan jika kamu lebih cepat dari rider-rider lain jangan juga menggangu rider lain, be fast but smart.

2. Cara belok yang salah di blind corner

Untuk kasus ini sering dijumpai di persimpangan blind corner masih banyak rider yang berbelok dengan memotong jalur yang salah. Please dont do this!

3. Berhenti tidak di belakang marka

Bukan lagi harus berada di belakang garis marka, bahkan sekarang ini keadaanya sudah lebih parah. Di jalur dua arah persimpangan lampu merah, kadang motor-motor bisa memenuhi lampu merah hingga sampai memenuhi jalur lawan arahnya. Selanjutnya apa yang terjadi bisa kamu nilai sendiri.

4. Lampu sen ke kiri tapi beloknya ke kanan

Mungkin nggak banyak yang seperti ini, tapi ada. Sen ke arah sebaliknya dan belok ke arah sebaliknya.

5. Berbelok dari sisi yang berlawanan

Kejadian ini paling banyak di lakukan oleh rider pemula, dan banyak juga wanita, tapi gak semua rider wanita lho ya. Kadang mereka bisa dari posisi paling kiri langsung potong kanan. Sangat bahaya apalagi kalau yang menghadapi situasi seperti itu kurang skill ridingnya.

6. Menyalip yang membahayakan

Ini juga sebenarnya sangat membahayakan, dan masih banyak rider di jalan yang melakukan kesalahan ini. Saat terjadi sesuatu di depan, dan kendaraan di depan melambat, kita boleh mendahului dengan syarat kita telah scaning ke belakang dan tidak ada kendaraan di belakang kita yang dapat membahayakan situasi tersebut. Jika syarat tersebut di atas belum di penuhi, tolong sabar sedikit, berhenti di belakang kendaraan yang melambat tersebut dan lihat kondisi sampai keadaan benar-benar aman untuk overtake.

7. Ragu-ragu

Ada juga kasus seperti ini, sebenarnya ragu atau apa ya? Seperti mau belok, tapi ternyata lurus dan berada di jalur paling kanan. Please ambil jalur tengah jika ragu dan lakukan perhitungan matang sebelum membelok.

8. Blind corner overtake yang berbahaya

Blind corner overtake, kalian pasti tau bahayanya apa. Tapi masih banyak rider yang kadang nekat melakukan kasus ini.

9. Merebut hak pengguna jalan lain

Situasi ini sering terjadi di ruas jalan yang sempit dua arah. Dengan kondisi macet, pengendara ingin lebih cepat overtake dari jalur kanan sampai akhirnya nggak bisa maju lagi dan sialnya ga cuma satu orang yang begini, mereka berjemaah dan akhirnya…stuck “ngelock” niat mau lebih cepet malah jadi macet kan?

10. Kayak mau perang

Mungkin untuk kasus ini biarkan gambar yang berbicara.

Bagaimana, kamu sekarang lebih tahu kan cara berkendara yang aman? Tips di atas dijalankan ya.

Source : Brilio.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
.