Info Kota

40 Peserta Ramaikan Hari Pertama MTQ Kaligrafi di Dome

Di cabang Kaligrafi ini ada empat kategori: Dekorasi, Naskah, Mushab dan Kontemporer.

GODISCOVER.CO.ID – Sekitar 40 peserta MTQ Kaligrafi dari 10 kabupaten kota mengikuti lomba kategori dekorasi dan naskah. Agenda ini salah satu rangkaian di hari pertama gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) atau MTQ ke-44 tingkat Kaltim.

Lomba dihelat di Aula Dome, Balikpapan, Rabu (17/5/2023). Mereka berjuang untuk masuk pada babapk final yang akan diumumkan pada Sabtu mendatang.

Dalam pertandingan yang dihelat di Aula Dome, Balikpapan, dua kategori ini diikuti putra dan putri. Mereka diberi waktu delapan jam termasuk istriharat untuk menuntaskan lomba kaligrafi kategori dekorasi dan Naskah.

Rencananya, hari kedua, Kamis (18/5) juga akan dilombakan MTQ cabang Kaligrafi kategori Mushab dan Kontemporer di lokasi yang sama.

Salah seorang Dewan Hakim, Abdurahman mengatakan untuk cabang Kaligrafi ini ada empat kategori. Yakni Dekorasi, Naskah, Mushab dan Kontemporer.

“Ini babak penyisihan yang ikut 10 kabupaten kota. Untuk hari ini putra putri di kategori dekorasi dan naskah sehingga jumlah ada 4 tiap daerah,” katanya.

Tim dewan hakim akan menilai hasil peserta untuk kategori naskah yakni diantarnya faedah tulisan, komposisi, keindahanya.

“Karena dewan hakim ada 12 kita akan nilai masing-masing berdasarkan bidangnya. Yang kita godok lagi untuk masuk final yakni juara 1,2 dan 3. Otomatis satu katagori ada tiga orang yang masuk di babak final pada Sabtu,” terang Abdurahman, asal Kota Bontang.

Dari 10 kabupaten kota, Kabupaten Mahulu termasuk yang tidak semuanya mengikuti kategori di cabang MTQ Kaligrafi. Setiap kota/kabupaten mengirimkan peserta sebanyak 8 untuk cabang Kaligrafi.

Di kesempatan sama, offisial dari Kafilah Balikpapan Zulkifli yang juga penanggung jawab Majelis Venue 8 cabang Kategori menyebutkan hari ini ada empat orang. Mereka itu dua putra dan dua putri kafilah Balikpapan yang bertanding untuk Kaligrafi dekorasi dan naskah.

“Target kita masuk final dan dapat Emas. Kita andalkan Muhammad Aryad dari Pesantren Al Banjari ngajar Kaligrafi. Itu salah satu andalan kita. Selama ikut memang grafiknya naik dia,” ucapnya.

Pertandingan Kaligrafi hari pertama ini berakhir sekitar pukul 16.00 wita. Untuk Kontemporer dengan media kanvas akan digelar Kamis (18/5) pukul 08.00 wita bersama dengan kategori Mushab.

Masih di hari pertama MTQ ke-44 Kaltim, sejumlah cabang mulai dilombakan, yang digelar di 10 tempat. Yakni di BSCC Dome tepatnya di laman parkir dan di dalam Gedung, aula Kecamatan Balikpapan Selatan, aula Universitas Mulia, Gedung Kesenian. Kemudian di Rumjab Wakil Wali Kota Balikpapan, Uniba, Rumjab Wakil Kota Balikpapan, aula Kodim 0905, dan aula Kantor Kelurahan Sepinggan Raya. (Adv/ Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
.