Lifestyle

5 Manfaat Rasa Bosan Bagi Kesehatan

Melakukan rutinitas yang itu-itu saja bisa membuat orang merasa jenuh dan bosan.

Hal ini bisa dirasakan oleh orang yang bekerja di sebuah perusahaan, ibu rumah tangga yang berada di rumah sepanjang hari, mahasiswa yang belajar setiap hari dan lain-lain. Bosan dalam bekerja sering menjadi keluhan yang kita dengar nyaris setiap hari.

Andrie Wongso yang mengutip sebuah penelitian yang dimuat di Washington Post, mengatakan bahwa sekitar 55% pekerja di Amerika Serikat, yang notabene sebagai negara maju dengan sistem kerja yang lebih rapi dan teratur, merasa kurang pas dan mudah bosan dengan apa yang dikerjakan.

Karena itu, merasa bosan untuk bertemu rekan sekerja, menghadapi tugas rutin yang terasa sebagai beban, dan melakukan hal berulang menggunakan ponsel kita, adalah hal yang wajar.

Huffington Post melansir lima manfaat merasa bosan bagi kesehatan sebagai berikut:

1. Rasa bosan akan menghindarkan kita dari kecanduan teknologi

Nyaris setiap hari kita memegang ponsel cerdas untuk mengirimkan pesan, menelepon, dan mencari informasi. Kecanduan ponsel ternyata membahayakan.

Menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan teknologi dan media sosial menyebabkan depresi dan gelisah, nilai akademis yang buruk, dan kurang tidur.

Jadi, jika Anda mempunyai waktu lima menit atau satu jam tanpa ponsel, lakukanlah itu dengan cara mematikan ponsel. Lepaskan diri dari teknologi untuk sementara waktu. Cobalah untuk duduk diam tanpa gangguan apapun.

2. Rasa bosan bisa memicu kreativitas

Daripada rasa bosan menyelimuti Anda sehingga waktu terbuang percuma, cobalah gunakan waktu itu untuk mengistirahatkan otak agar batin bisa merasa segar dan pulih.

Memberi kesempatan otak agar lepas dari rutinitas yang dikerjakan setiap hari akan membuka peluang untuk mencari sesuatu yang baru sehingga bisa memicu kreativitas.

Riset ilmu saraf yang diwartakan PsychologyToday mengungkapkan bahwa ternyata melamun melibatkan proses yang sama yang mengatur imajinasi dan kreativitas seseorang. Jadi, jika ingin lebih kreatif, cobalah merasa bosan dengan apa yang Anda rasakan sekarang.

3. Rasa bosan akan mengarahkan pada penemuan hobi baru

Ketika rasa bosan mendera, biasanya kita tidak melakukan apapun. Cobalah manfaatkan waktu, energi dan pemikiran itu untuk mencoba hal-hal baru, belajar sesuatu yang baru daripada sekadar mengecek media sosial yang sudah dilakukan secara rutin setiap hari.

4. Tak melakukan apapun bisa membantu mengolah pikiran

Diam tak melakukan apapun merupakan esensi olah pikir, memfokuskan kesadaran seseorang pada momen saat ini. Ini bisa dilakukan dengan cara meditasi yang sudah banyak mengungkapkan manfaatnya bagi kesehatan, termasuk memperbaiki proses tidur, menstabilkan emosi dan menurunkan berat badan.

5. Lepas dari rutinitas bisa menghilangkan stres

Rutinitas yang bisa memicu kebosanan seperti penggunaan ponsel dan teknologi yang terus menerus bisa menyebabkan stres, depresi dan rasa pegal. Cobalah lepaskan diri dari semua hal yang membosankan itu agar bisa tidur dengar nyenyak dan bebas dari stres.

Source : Beritagar.id
Ilustrasi Gambar : halamanputih.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
.