Leisure

5 Tips Aman Transaksi Perbankan dari Ponsel Pintar

Semakin berkembangnya layanan internet banking membuat transaksi perbankan melalui ponsel pintar pun menjadi semakin sering dilakukan. Meskipun pihak bank sudah memakai sistem yang canggih, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keamanan saat bertransaksi melalui ponsel pintar.

1. Update terus aplikasi banking Anda
Ketika Anda mengunduh sebuah aplikasi perbankan ke ponsel pintar berarti, bukan berarti tugas Anda selesai. Anda perlu memeriksa update aplikasinya secara teratur dan mengunduhnya lagi jika ada. Dengan begitu, informasi perbankan Anda tidak akan mudah diretas oleh peretas karena sistemnya terus dikembangkan.

2. Buat password yang kuat
Tips keamanan paling umum yang harus Anda ikuti dalam dunia internet adalah membuat password yang kuat. Ini juga berlaku saat Anda melakukan transaksi perbankan dengan ponsel pintar Anda. Menurut Microsoft, password yang kuat harus memiliki setidaknya 8 karakter yang merupakan kombinasi huruf dan angka.

3. Hindari penggunaan Wifi saat bertransaksi
Untuk menjaga keamanan informasi perbankan Anda, hindari memakai Wifi saat bertransaksi dan jangan mengirim pesan dan informasi sensitif ke Bank Anda. Pasalnya jika Anda menggunakan koneksi Wifi gratis, para penipu dan peretas dapat menciptakan jaringan yang mirip Wifi ketika Anda terhubung dengan jaringan itu dan data finansial Anda dapat diretas.

4. Perlakukan ponsel pintar Anda seperti dompet
Jika Anda sering melakukan transaksi perbankan Anda dengan ponsel pintar, mulailah memperlakukan ponsel pintar seperti dompet. Ketika di tempat umum, sebaiknya Anda tidak menyimpan ponsel Anda di kantong luar tas sehingga dapat dengan mudah diambil. Jangan letakkan begitu saja di atas meja restoran ketika Anda makan.

5. Bersiap untuk menghapus data
Unduh aplikasi penghapusan data dari jauh. Aplikasi ini akan mengatur ulang ponsel pintar ke pengaturan awal dan menghapus data personal Anda, seperti kontak, email dan informasi perbankan Anda. Ini berguna jika ponsel pintar Anda hilang atau dicuri orang.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 24 Desember 2013

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button