Ahli Desain Pun Kecewa dengan Logo Baru Instagram
Logo baru Instagram menuai banyak cibiran dari netizen yang kurang menyukai rancangannya. Pakar desain Steven Heller pun rupanya punya pendapat senada.
“Seperti semua hal yang sudah familiar, sulit rasanya untuk menerima (logo) yang baru,” ujar Heller sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Kamis (12/5/2016).
“(Logo baru Instagram) Ini sepertinya dibuat seminimal mungkin, dan buat sebagian besar orang peningkatannya tak signifikan,” lanjut Heller mengutarakan kekecewaannya.
Baca: Logo Baru Instagram Banyak Disindir
Instagram bisa dibilang memang merombak total logonya dari bentuk mirip kamera polaroid menjadi jauh lebih sederhana dengan desain flat, outline putih, dan gradasi sejumlah warna.
Perubahan ini boleh dibilang sejalan dengan tampilan sistem operasi iOS dan Android terkini yang mengedepankan desain flat.
Logo Instagram yang lama menganut konsep skeumorphic (mirip benda di dunia nyata). Perubahan ke tampilan flat rupanya begitu kentara sehingga memicu berbagai reaksi.
Debbie Millman, kepala departemen branding dari School of Visual Arts, mengatakan logo baru Instagram menghilangkan karakter layanan tersebut.
“Ia kehilangan semua status ikonik dan kini bebentuk tampilan terlalu bergradasi serta tidak bernyawa, seperti redesain lain belakangan ini,” ujarnya.
Source : Kompas Tekno