Technology and Tips

Akhir Januari, iTunes Radio Tak Gratis Lagi

Akhir minggu lalu, mengirimkan surat pemberitahuan pada para pengguna iTunes Radio miliknya. Isinya menyatakan bahwa layanan tersebut tidak lagi gratis mulai 28 Januari nanti.

“Seluruh stasiun radio, kecuali Beats 1, akan diubah jadi ekslusif untuk pelanggan Apple Music,” tulis pesan tersebut seperti dikutipKompasTekno dari The Verge, Sabtu (16/1/2016).

Dengan demikian pengguna masih bisa mendengarkan Zane Lowe dan beberapa DJ sewaan Apple lainnya tanpa harus membayar.

Tapi, jika ingin mendengar siaran radio lain berdasarkan penyanyi atau jenis musik lain yang disukai, pengguna harus siap-siap untuk merogoh biaya 10 dollar Amerika Serikat atau setara Rp 130 ribu per bulan.

Saat ini ada banyak statiun musik Apple yang merupakan hasil kurasi tim musik ahli. Sedangkan sejumlah stasiun user-generated merupakan hasil pengumpulan algoritma khusus, mirip dengan Pandora.

iTunes Radio sendiri diumumkan pertama kali pada 2013 silam dan meluncur bersamaan dengan pembaruan iOS 7.

Stasiun radio bisa didengarkan gratis dengan sisipan iklan atau tanpa sisipan iklan sama sekali khusus untuk pelanggan iTunes Match.

Selanjutnya, raksasa teknologi ini memperkenalkan Apple Music dan mulai mengendurkan branding iTunes Radio. Termasuk pelan-pelan menghapus stasiun radio yang terkait
dengan layanan streaming itu

Source : Kompas.tecno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button