Home News Anggota DPR RI Gagas Event Olahraga dan Pariwisata yang Inklusif di Kaltim

Anggota DPR RI Gagas Event Olahraga dan Pariwisata yang Inklusif di Kaltim

162
0

DISABILITAS BISA IKUT MAHAKAM RUN 10K

Wakil Ketua Komisi X DPR RI asal dapil Kalimatan Timur, Hetifah Sjaifudian, berencana menggelar sebuah event olahraga sekaligus promosi wisata Kaltim lewat acara yang bertajuk Mahakam RUN 10 K, pada 21 Agustus mendatang di Kota Samarinda.

Hetifah menjelaskan, Mahakam Run 10K digelar juga sebagai agenda menyemarakkan hari kemerdekaan, yang diharapkan jadi magnet wisata baru di kawasan Kalimantan Timur.

Titik start sendiri rencananya akan berada di Hotel Harris Samarinda, dengan 2.000-an orang ditargetkan menjadi peserta event yang digelar secara hybrid ini.

Dengan mengusung tema nature, food, and people for sport tourism, Mahakam Run 10K akan menjadi salah satu event nasional yang bergengsi di Kalimantan Timur.

“Kami pilih event Mahakam 10K 2022 karena dengan adanya pandemi Covid 19 kemarin masyarakat sudah rindu akan aktivitas outdoor yang menyehatkan, selain tubuh menjad bugar, masyarakat juga bisa mengenal lebih jauh tentang Sungai Mahakam,” jelas Hetifah kepada wartawan di Balikpapan, Minggu (3/7/2022).

Panitia, kata Hetifah juga akan menyiapkan space khusus bagi kawan-kawan penyandang disabilitas. “Kami ingin membuat kegiatan ini bersifat inklusfif, di mana semua masyarakat bisa ikut terlibat dan menikmati,” terang Hetifah.

Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf, Desi Ruhati, berharap agenda ini bakal berdampak positif terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Kaltim.

“Selain promosi olahraga dan pariwisata, saya berharap ada pelibatan pelaku UMKM disabilitas pada event ini,” kata Desi.

Ketua Pelaksana Mahakam Run 10K, Siswanda H. Sumarto menyebut, di tepian Sungai Mahakam terdapat jalur lintasan yang sering dipakai warga untuk jalan-jalan santai dan olahraga. Lintasan ini, kata dia memang cocok untuk lomba lari.

“Kami mengutamakan konsep sport tourism untuk event lomba lari ini. Alasannya sederhana, Sungai Mahakam dan umumnya Kalimantan Timur punya beberapa objek wisata menarik, tapi masih banyak orang di Indonesia belum mengenalnya,” kata Siswanda.

Mahakam 10K sebut dia, akan menjadi agenda olahraga tahunan, agar masyarakat bisa lebih tahu daya tarik tersembunyi di sekitar Sungai Mahakam.

Untuk biaya pendataran, calon peserta cukup merogoh kocek Rp 200 ribu untuk pelajar 5K, Rp 250 ribu untuk kategori umum 5K, dan Rp 300 ribu untuk kategori umum 10K.

“Bagi pendaftar tiga minggu ke depan cukup membayar 50 persen dari harga normal,” kata dia.

Sementara itu, Husni Kamil dan Teratas.id selaku Race Director Mahakam Run 10K 2022 menyebut, Mahakam Run 10K 2022 diseleggarakan pada tanggal 21 Agustus 2022 di Hotel Harris Samarinda akan diselenggarakan secara hybrid, yaitu melakukan langsung di Samarinda dan secara virtual dengan kategori 5K khusus pelajar dan 5KM/10KM untuk umum.

“Kami menyiapkan event ini secara teknis maupun non teknis bagi para peserta agar merasa aman dan nyaman, terutama soal prokes. Mengingat pandemi belum berakhir dan untuk menjaga keamanan bersama,” kata Husni Kamil.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Irvan Rivai menyebut pihaknya mendukung acara yang digagas Hetifah ini. Dia berharap event ini mampu berkontribusi terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kaltim.

“Jelas pemerintah akan mendukung, agenda sport tourism ini diharapkan jadi ajang promosi wisata dan pelaku UMKM di Kaltim,” jelas dia.

Untuk informasi lebih lengkap dan pendaftaran Mahakam www.mahakam10K.com atau IG @mahakamrun10K. (*)

Previous articleGenjot Ekonomi Kreatif di Balikpapan, HIEKRAF Siap Gelar Festival Pelaku Ekonomi Kreatif
Next articlePerumahan Daun Village yang Mengedepankan Kemewahan serta Green Living

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.