Lifestyle

Ayo Lawan Stres!

Depresi atau stres bisa disebabkan oleh faktor emosional ataupun faktor fisik. Faktor emosional bisa berupa situasi rumah yang tidak nyaman karena orang tua sering bertengkar, menjadi korban teror dari seseorang, ada konflik dengan teman, banyaknya tugas yang harus dikerjakan, baik juga karena trauma mengalami kejadian yang luar biasa, misalnya pelecehan seksual, kecelakaan atau bencana alam.

Gejala stres bisa berupa munculnya perasaan gelisah, tidak bisa konsentrasi, susah tidur, mudah tersinggung, mudah marah, selera makan hilang, capai secara fisik, merasa bersalah, dan selalu sedih.

Selain berpengaruh secara psikologis, stres juga bisa berdampak buruk bagi tubuh kita. Hormon corticol yang keluar saat kita sedang stres berpotensi merusak organ-organ tubuh.

Cara mengatasinya? Pertama, tentu kita lihat dulu penyebabnya. Jika memungkinkan, sebaiknya kita berusaha menghindari penyebabnya. Jika tidak bisa menghindar, at least kita harus berusaha meminimalisir dengan cara mengendalikan stres agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan jiwa kita.

1. Jangan tunda pekerjaan atau menumpuk pekerjaan. Pakailah skala prioritas “yang penting dan mendesak, selesaikan terlebih dahulu”.

2. Buat perencanaan dan target dalam mengerjakan tugas. Hal ini harus didukung dengan manajemen waktu yang baik dan disiplin yang tinggi.

3. Segera selesaikan masalah, sekecil apapun masalah itu. Jangan biarkan masalah berlarut-larut. Selain akan bertambah ruwet, juga akan membuat diri anda tersiksa lebih lama.

4. Selalu berpikir positif. Bergaul dengan teman-teman yang saling memotivasi dengan suasana hangat dan membangun juga bisa membuat kita selalu berpikir positif. Orang yang berpikir positif akan selalu fokus dengan peluang, sementara orang yang berpikir negatif akan terpaku pada hambatan. Anda harus meyakinkan diri anda bahwa “SAYA BISA!” Lihatlah orang-orang yang sukses. Yakinkan diri anda kalau orang lain bisa, berarti anda juga bisa karena anda mempunyai peluang yang sama dengan mereka. Dengan kerja keras dan ketekunan, anda pasti bisa mencapai apa pun yang diinginkan. Sikap positif akan membuat anda lebih tenang dalam menghadapi permasalahan.

5. Ubah sudut pandang! Cobalah menghadapi masalah dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda. Coba dengan menyederhanakan masalah sehingga kita bisa menghadapi dengan lebih tenang.

6. Sempatkan untuk melakukan hal-hal atu hobi yang menyenangkan. Jalan-jalan di alam terbuka, mendengarkan musik, membaca, berkebun dan hal-hal menyenangkan lainnya akan bisa menurunkan kadar stres anda.

7. Yang paling penting dari semuanya adalah berdoa. Berdoa akan membuat hati anda tenang. Anda harus yakin jika tidak ada ada penyakit yang tidak ada obatnya, begitu juga tidak ada masalah yang tidak ada solusinya.

Pada dasarnya, stres merupakan sebuah kenyataan yang pasti pernah dimiliki semua orang dan tentunya juga harus dilawan. Nah, kalu sudah tau solusinya juga jangan lupa diterapkan ya!

Source : Kompasiana
Ilustrasi Gambar : michellemarvellaw – WordPress.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button