Politik

Bacaleg Gelora Balikpapan Dipenuhi Kalangan Profesional

Dari dokter sampai aktor.

GODISCOVER.CO.ID – Partai Gelora Balikpapan resmi mendaftarkankan 45 bakal calon anggiota Dewan, pada hari terakhir pendaftaran, Minggu (14/5/2023). Partai besutan Anis Matta dan Fahri Hamzah ini, mendapat giliran mendaftar pada malam hari.

Ketua Gelora Balikpapan Mulhadi berujar, sejak partainya resmi menjadi peserta Pemilu 2024, pihaknya telah melakukan seleksi ketat soal memilih bacaleg yang ikut Pileg tahun depan.

“Terutama mereka yang benar-benar memenuhi keterwakilan masyarakat kota ini,” papar Mulhadi.

Mulhadi menyampaikan pemilihan bacalegnya selain memenuhi 30 persen kuota keterwakilan perempuan, juga memenuhi unsur lintas agama, suku, dan profesi.

Bahkan, lanjutnya, bacaleg Gelora Balikpapan dipenuhi kader lintas profesi. Dari politisi, insan medis, agamawan sampai nelayan. Termasuk perwakilan kaum milenial.

Mulhadi merinci bacaleg yang didaftarkannya, di antaranya, dokter, ustadz, akademisi, pengusaha property, pengusaha ekspedisi, incumbent Parlemen.

Ada pula, lanjut Mulhadi, bacaleg yang berasal dari pelaku objek wisata, pengacara, pengurus cabor, aktor, sampai humas LPM.

“Selain itu bacaleg kami juga ada yang berasal dari buruh, nelayan, petani, ketua RT, tokoh komunitas, sampai tokoh paguyuban suku,” jelas Mulhadi.

“Insya Allah kader-kader Gelora Balikpapan yang jadi bacaleg, benar-benar mewakili masyarakat Balikpapan,” imbuhnya.

Mulhadi meyakini, meski partainya terbilang baru, pihaknya optimis para bacalegnya bisa mendapat kepercayaan masyarakat.

“Target kita dapat sembilan kursi di DPRD Balikpapan,” ujarnya. Ia juga meyakini target itu realistis. Sebab, bacaleg yang diusung telah memenuhi seluruh elemen masyarakat Balikpapan.

Komisioner KPU Balikpapan Mega Fariany Ferri, menjelaskan pihaknya telah menerima dokumen pengajuan persyaratan Bakal Calon Anggota DPRD dari DPD Gelora Balikpapan.

“Hasil terkait 3 dokumen yang dibawa Gelora Balikpapan saat ini secara fisiknya yaitu dokumen B pengajuan parpol, dokumen B bakal calon, dan dilampiri dengan persetujuan dokumen persyaratan calon,” jelasnya.

Pemeriksaan KPUD Balikpapan meliputi terkait tiga berkas tersebut secara dokumen fisik dan digital.

“Dokumen persyaratannya kita nyatakan diterima,” jelas Mega. Berikutnya, dokumen-dokumen Gelora Balikpapan akan dilakukan verifikasi administrasi pada 15 Mei 2023 hingga 23 Juni 2023.

Di hari penutupan pendaftaran Bacaleg, seluruh parpol di Balikpapan telah mendafarkan bakal calon anggota dewannya.

Pada Minggu ini, parpol yang telah mendaftarkan bacalegnya ke KPU Balikpapan: parpol Ummat, Demokrat, Golkar, Perindo, PPP, Partai Buruh, PKN, Garuda, dan Gelora.

Selanjutnya, pihak KPU Balikpapan akan melakukan verifikasi. Untuk kemudian melaksanakan tahapan berikutnya, sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU RI. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
.