FoodNews

Beragam Makanan Khas Balikpapan

GODISCOVER.CO.ID – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya unsur budaya dan beragam kuliner khas yang menggugah selera. Sebagai traveler, pasti dong kamu penasaran dengan kuliner kota yang dikunjungi.

Nah, salah satu kota yang memiliki banyak makanan khas adalah Balikpapan. Di balik pesona keindahan Kota Minyak ini, tidak lengkap rasanya kalau sudah jauh-jauh ke kota tapi tidak mencicipi makanan khas Balikpapan yang lezat nan nikmat.

Makanan khas Balikpapan beraneka ragam. Mulai makanan manis sampai bercita rasa gurih, semua ada di sini. Supaya kamu lebih mengetahui pelbagai macam makanan khas Balikpapan, berikut Godiscover rangkum beragam makanan khas Balikpapan yang perlu kamu rasain sensasinya.

  1. Amplang

Makanan khas Balikpapan yang sudah sangat popoler adalah amplang. Hampir mirip kerupuk, panganan renyah ini terbuat dari bahan dasar ikan seperti ikan tenggiri, gabus atau belida. Lalu dicampur tepung sagu. Tak hanya terkenal renyah dan gurih, saat ini amplang juga semakin menarik dengan citarasa beragam seperti ayam bawang, BBQ, lada hitam dan berbagai citarasa lainnya. Biasanya ini menjadi oleh-oleh yang sering dibawa pengunjung sebelum pulang ke daerah asalnya.

  1. Roti Mantau

Salah satu makanan khas Balikpapan roti mantau. Kalau kamu tebak roti ini dipanggang kurang tepat. Ternyata roti mantau ini dibuat dengan cara digoreng. Selain itu, jika umumnya roti bercita rasa manis, roti mantau ini justru disajikan dengan saus balado atau saus lada hitam yang gurih. Yummi.

  1. Pisang Gapit

Makanan khas Balikpapan selanjutnya, pisang gapit. Pisang gapit atau pisang jepit ini juga salah satu makanan khas Balikpapan yang telah populer dan banyak dikenal orang. Olahannya berasal dari pisang, yang dibakar lalu dijepit dengan kayu sampai matang. Pisang gapit disajikan dengan siraman saus yang bercita rasa manis. Terbuat dari gula merah, santan, dan potongan buah nangka yang segar.

  1. Bubur Gunting

Mungkin agak terdengar aneh jika kita mendengar istilah bubur gunting. Namun, makanan khas Balikpapan ini memang diolah dari tepung ketan. Dalam pembuatannya, adonan dari makanan ini digunting-gunting sebelum dimasak dengan rebusan kuah santan dan gula merah. Citarasa manis yang dihasilkan dari kuliner ini akan paling cocok disantap dalam keadaan hangat.

  1. Abon Kepiting

Jika kamu telah familiar dengan bahan dasar abon yang dibuat dari daging ayam atau sapi, makanan khas Balikpapan satu ini agak terdengar asing. Abon di Balikpapan biasanya diolah dari daging kepiting. Sepertinya hal itulah yang membuat kuliner ini dianggap beda dari abon yang ada kebanyakan.

Cita rasa gurih yang ada dalam makanan ini membuat abon kepiting telah sangat dikenal. Daya tahannya yang juga cukup baik juga menjadikan kuliner ini cocok jadi pilihan buah tangan bagi para pelancong yang tengah berkunjung ke kota ini.

  1. Onde-Onde Ubi Ungu

Makanan khas Balikpapan berikutnya onde-onde yang terbuat dari ubi ungu. Bila kebanyakan onde-onde telah mainstream dibuat dari kacang hijau, di Balikpapan kuliner ini menjadi unik karena dibuat dari ubi ungu. Hal itu yang menjadi salah satu ketertarikan wisatawan untuk mencicipi kuliner ini.

  1. Bingka Kentang

Makanan khas Balikpapan yang selanjutnya adalah bingka kentang. Disebut demikian karena memang salah satu bahan yang digunakan dalam kuliner ini bahan utamanya adalah dengan menggunakan kentang.

Dengan citarasa asli yang manis, kini bingka kentang juga telah dibuat di dalam berbagai varian mulai dari rasa cokelat, gula merah, hingga pisang dan keju.

  1. Peyek Kepiting

Makanan khas Balikpapan memang identik dengan olahan kepiting. Selain tadi sudah ada abon kepiting, sekarang kuliner khas yang lainnya ada juga peyek kepiting. Biasanya, peyek pada umumnya dibuat dengan isian kacang tanah ataupun kedelai, di Balikpapan sendiri dibuat dengan olahan kepiting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
.