Technology and Tips

Bukan Snake atau Tetris, Ternyata Ini Game Mobile Pertama

Selama ini, Snake yang ada di ponsel lawas Nokia disebut-sebut sebagai game mobile pertama. Pasalnya permainan klasik berwarna hitam dengan latar layar sederhana itu sudah dirilis sejak 1997.

Namun, sebelum Nokia dan Snake populer, ternyata sudah ada vendor lain yang telah merilis ponsel lengkap dengan game mobile. Dilansir dari Phone Arena, ponsel itu adalah Hagenuk MT-2000 yang dirilis pada 1994 silam dengan game mobile Tetris.

Ponsel pabrikan Danish Company itu dilengkapi dengan “soft key” atau keypad yang lebih lembut. Sehingga, pengguna bisa lebih nyaman saat memainkan Tetris pada ponsel yang berukuran cukup besar itu. Tak lama sebelumnya, ternyata sudah ada game mobile yang telah lebih dulu dibuat.

Saat itu, perusahaan teknologi IBM dan BellSouth bekerja sama untuk membuat sebuah ponsel model “smartphone” pertama yang disebut Simon Personal Communicator. “Smartphone” itu pertama kali dikenalkan di publik pada 1993, namun baru dirilis ke pasaran pada 1994.

Ponsel itu juga menyertakan game mobile bernama Scramble. Scramble merupakan game teka-teki bergambar yang mengharuskan pengguna untuk menyusun kotak acak menjadi gambar yang utuh. Sehingga para pengamat industri teknologi menilai bahwa Scramble adalah game mobile pertama di dunia.

Sementara Snake adalah game ketiga yang hadir di pasaran. Sebenarnya, dalam ponsel Nokia juga terdapat beberapa permainan lain seperi Sudoku. Namun, Snake terbukti menjadi game yang paling digemari saat itu. (wk/kr)

Source: Wow Keren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
.