Technology and Tips

Cara Cepat Atasi Mata Lelah

Menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer bukanlah hal yang baik untuk mata. Selain menyebabkan tegang pada otot mata, hal lainnya menyebabkan mata menjadi kering, lelah, serta pusing.
 
Melansir Brightside, Rabu (25/4/2017) untuk meringankan gangguan tersebut, Anda perlu melatih otot mata seperti berikut:
 
1. Menatap pada kegelapan
 
Tutup mata Anda sambil letakkan telapak tangan pada area mata. Posisikan tubuh Anda dengan tenang, lakukan latihan ini untuk beberapa menit.
 
2. Gerakan mata ke samping
 
Duduk atau berdiri dengan lurus dan lihat ke arah depan. Lihat sisi kiri dan kanan Anda secara fokus, tanpa menengokan kepala. Lakukan hal ini selama lima kali dan ulangi latihan sebanyak tiga set.
 
3. Gerakan mata ke atas dan ke bawah
 
Usahakan posisi tubuh sama seperti gerakan mata ke samping. Pada posisi ini gerakan mata ke arah atas dan bawah. Usahakan pandangan mata Anda tetap fokus. lakukan latihan ini selama lima kali dalam tiga set.
 
4. Gerakan memutar bola mata
 
Duduklah dengan santai lalu putar bola mata Anda searah jarum jam dengan perlahan. Putar bola mata Anda sebanyak lima kali.
 
5. Fokuskan pandangan pada objek jarak jauh dan dekat
 
Anda bisa fokus pada benda jarak jauh selama 10-15 menit lalu lihat objek benda pada jarak dekat dengan waktu yang sama. Jika Anda kesulitan, Anda bisa gunakan pensil atau jari untuk melakukan latihan ini.
 
6. Pijat dengan meremas mata
 
Tutup mata lalu remas mata dengan erat selama dua sampai dengan tiga detik.
 
7. Pijat mata dengan tangan
 
Tutup mata kembali, lalu secara lembut berikan pijatan memutar pada kelopak mata. Lakukan gerakan memutar sebanyak 10 kali searah jarum jam.
 
Cara lain yang bisa Anda lakukan ialah mengompres mata dengan handuk yang dicelupkan pada air hangat. Istirahatkan mata sesering mungkin dengan menjauhkan diri dari layar komputer untuk beberapa menit.
 
Kurangi penggunaan lensa kontak karena menyebabkan mata kering dan menyebabkan rasa tidak nyaman saat bekerja berhadapan dengan komputer. (Aida Tifani)
 
 
 Source : Liputan6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button