Technology and Tips

Cara Mengejutkan Bikin Ingatan Lebih Cling

Aneka tips diberikan agar ingatan lebih cling. Studi terbaru mengungkapkan menghirup napas dalam-dalam rupanya berdampak pada aktivitas otak dan bahkan meningkatkan ingatan lebih cling.

Peneliti dari University Northwestern merekrut 100 orang dewasa untuk bernapas. Namun bukan bernapas seperti biasanya melainkan bernapas dalam-dalam. Pada saat menghirup napas dalam-dalam, partisipan diminta untuk melihat benda-benda di layar.

Rupanya pada saat menarik napas dalam- dalam melalui hidung, ingatan lebih baik dibandingkan saat bernapas menggunakan mulut atau lewat hidung namun tergesa-gesa. Terdapat perbedaan dramatis di area otak yang terkait dengan pengolahan emosi (amigdala) dan memori (hipokampus). Namun kondisi ini tidak terjadi pada saat mengembuskan napas.

Studi ini untuk pertama kali menunjukkan bahwa ritme bernapas bisa menciptakan aktivitas elektrik di otak. Hal ini diungkapkan dalam Journal of Neuroscience.

“Data kami memang masih awal, tapi ini menarik,” kata pimpinan studi Christina Zelano yang merupakan asisten profesor neurologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, Amerika Serikat.

“Meski terlalu awal, ada potensi bahwa beberapa strategi bernapas bisa meningkatkan kognitif,” kata Zelano lagi mengutip Time, Jumat (9/12/2016).

Penelitian ini merupakan langkah pertama. Namun, apakah kita benar-benar bisa memanfaatkan napas untuk meningkatkan ingatan lebih cling, masih perlu diadakan studi lanjutan lagi seperti dikatakan Zelano.

Source : Liputan6
Ilustrasi Gambar : inovasipintar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button