Technology and Tips

Cara Selamatkan Data Jika Layar Smartphone Pecah atau Mati

1. Cara recover data jika layar pecah tapi masih nyala

Apabila layar smartphone pecah tetapi masih nyala, maka data penting pada memori internal masih bisa terselamatkan. Ambil kabel USB OTG (On The Go) ataupun kabel data sejenisnya untuk menghubungkan ponsel ke komputer. Usai kedua perangkat tersebut sukses terhubung, maka proses pemindahan data (transfer) dari memori internal menuju HardDisk komputer bisa segera terlaksana. Salin semua data penting hingga tak sedikitpun tersisa.

Jika tak memiliki komputer atau laptop untuk menyimpan data, gunakan kabel USB OTG untuk menghubungkan ponsel ke FlashDisk. Jika tak punya kabel USB OTG, cukup pindahkan data memori internal menuju memori eksternal microSD. Perlu diketahui bahwa semua langkah di atas hanya berlaku jika layar masih nyala dan responsif meski sudah pecah.

2. Cara recover data jika layar pecah dan mati

Apabila layar smartphone pecah dan tak nampak gambar apapun alias mati, maka butuh program VNC. Ada banyak pilihan tersedia di toko aplikasi, sebaiknya pilih versi gratisan dan aman digunakan. VNC merupakan sebuah program yang memindahkan antarmuka Android menuju komputer sehingga segala sesuatu bisa dikendalikan langsung dari layar desktop.

Untuk menggunakan salah satu program VNC, setidaknya perlu mengunduh dan memasang terlebih dahulu ke komputer serta perangkat Android. Selain versi gratisan, ada pula versi berbayar yang mengusung lebih banyak fitur hebat. Disarankan memilih program VNC versi berbayar untuk cakupan pemakaian lebih luas.

Bagaimana jika gagal menyelamatkan data?

Sudah melakukan dua metode di atas namun tak ada hasil? Solusi paling jitu adalah membawa smartphone kesayangan menuju tempat servis resmi. Opsi terakhir ini memang menguras isi dompet, tetapi data berhasil diselamatkan dan layar ponsel bisa diperbaiki meski total biaya perbaikan lebih besar. Pastikan hanya membawa ponsel ke bengkel servis resmi, dimana keamanan data lebih terjamin dan biaya masih bisa ditekan jika kartu garansi masih berlaku.

Source : terselubung.in

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
.