Lifestyle

Dear Pemotor, Kalau Mau Dengarkan Musik Pakai Satu Headset Saja Cukup

Mendengarkan musik merupakan alternatif kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengendara saat sedang bosan macet di jalan. Tapi kalau mendengarkan dengan volume yang terlalu besar justru bisa berbahaya. Bahkan berpotensi menimbulkan kecelakaan karena tak mendengar suara lain di jalan.

Apalagi kalau pemotor, sudah kepala tertutup helm ditambah dengan telinga yang disumpel earphone. Tentunya akan mengurangi tingkat pendengaran. Kalau memang merasa harus tetap mendengarkan musik saat lagi naik motor boleh saja, asalkan tidak menyumpelnya di kedua telinga.

“Kalau memang terpaksa butuh penyegaran, pemotor cukup kaitkan satu headset saja ke telinga dengan volume sangat rendah sehingga suara di luar masih bisa terpantau dengan baik,” kata Instruktur Safety Riding di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto.

Berkendara, kata Andry, merupakan kegiatan yang sebaiknya tidak diselingi kegiatan lain. Itu karena bisa mengakibatkan konsentrasi pengendara teralihkan.

Kalau konsentrasi sudah teralihkan maka reaksi kita akan melambat. Melambatnya reaksi itu justru bisa berpotensi menimbulkan kecelakaan. Misalnya saja di depan ada kendaraan berhenti mendadak, kalau mata selalu fokus ke depan pastinya kita bisa dengan cepat menghindari mobil tersebut.

Namun kalau kondisi kita tidak fokus bukan tidak mungkin kita malah menabrak mobil yang ada di depan. (dry/lth)

Source: Detik Oto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button