Info Kota

Disdikbud Balikpapan Gencarkan Empat Program Andalan

Irfan berharap seluruh program ini mendapat dukungan.

GODISCOVER.CO.ID – Untuk merealisasikan program prioritas Wali Kota Balikpapan di bidang pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memiliki empat program andalan. Hal ini diyakini bakal membawa kemajuan signifikan untuk pendidikan di Kota Penyangga IKN.

Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Irfan Taufik, menjelaskan empat program andalan itu, pertama meningkatkan sarana prasarana pendidikan.

Ia memaparkan, saat ini peningkatan sarana dan prasarana pendidikan terus dikebut Pemerintah Kota Balikpapan, melalui Disdikbud. Di antaranya dengan membangun fasilitas pendidikan baru di kota ini.

“Sepanjang tahun 2023, satu SMP berbasis negeri sudah berdiri,” jelas Irfan, pada awak media, tadi siang.

Bangunan sekolah yang baru didirikan itu, SMPN 25 yang lokasinya di Balikpapan Barat. Sekolah baru itu telah diresmikan usai HUT Kota Balikpapan silam.

“Kami juga masih membangun infrastruktur pendidikan lainya, seperti SD dan SMP terpadu di kawasan Balikpapan Regency,” papar Irfan.

Irfan melanjutkan, untuk prpgram andalan kedua, yakni peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Ia berpendapat untuk peningkatan SDM, harus mengikuti perkembangan zaman.

“Karena itu tenaga pendidik juga harus dilakukan peningkatan kualitasnya,” tegas Irfan.

Adapun program yang ketiga yakni memudahkan layanan dengan sentuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk seluruh satuan pendidikan Kota Balikpapan.

“Kami mengintegrasikan sekolah, guru, murid, dan orang tua melalui sarana TIK,” tutur Irfan.

Ia mengingatkan keterlibatan orangtua sangat diperlukan, sebab selama ini orangtua tidak bisa memonitor anak-anaknya di sekolah.

Sehingga, lanjut Irfan, sentuhan informasi dan teknologi dimanfaatkan agar orangtua bisa tahu sejauh mana serapan anak-anak dalam mengetahui pelajarannya di sekolah.

Program andalan keempat, jelas Irfan, kolaborasi dan bersinergi antar pemangku kepentingan dan stakeholder. Anak-anak sejak dini telah mendapat pelajaran untuk menghindari korupsi yang bekerja sama dengan Inspektorat.

“Mereka juga mempelajari tentang bagaimana berlalu lintas dengan baik, mengetahui tentang lingkungan dan sebagainya,” paparnya. Ia bilang empat program prioritas itu sebagai program pemulihan dan percepatan.

Irfan berharap agar program tersebut perlu mendapat dukungan dari semua pihak. Untuk itu Disdikbud membuka seluas-luasnya bagi siapapun yang ingin memberi saran atau kritikan yang membangun.

“Kami hadir dan bersama-sama warga Balikpapan dalam menjalin kolaborasi dan sinergi,” jelas Irfan.  (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
.