News

DKP Kaltim Dorong Pembentukan BLUD Derawan

Dalam pembentukan BLUD, DKP Kaltim menggandeng pembangunan dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN).

GODISCOVER.CO.ID – Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim mendorong pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Berau. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim, Irhan Hukmaidy, mengatakan Unit Pengelola Teknis Daerah Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kepulauan Derawan dan Perairan Sekitarnya (KKP3K KDPS) Kabupaten Berau diharapkan bisa mengoptimalkan PAD.

Irhan berujar, keberadaan BLUD KKP3K KDPS Berau dinilai dapat mengoptimalkan potensi Pendapatan Asli Daerah. Sekaligus memperkuat pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan. Yang imbasnya diharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sedang dalam tahap membentuk UPTD KKP3K KDPS Berau. Setelah mendapat rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri.

“Setelah UPTD KKP3K KDPS Berau terbentuk, kita lanjutkan tahapan membentuk BLUD. Keberadaan BLUD akan membuat UPTD lebih mandiri menjalankan Tupoksi sebagai pengelola Kawasan. Termasuk mengoptimalkan layanan kemasyarakat dan menyumbang pendapatan asli daerah,” ujar Irhan, dalam keterangan resminya, Senin, (17/4/2023).

Menurut Irhan, keberadaan BLUD akan mendukung pengawasan kawasan pesisir dan laut yang efektif. Serta menjaga kelestarian ekosistem yang menjadi sumber penghidupan masyarakat pesisir dan pulau kecil yang tinggal di sekitar kawasan konservasi.

“Dengan menjaga kelestarian ekosistem, masyarakat mendapat manfaat dari sektor perikanan dan pariwisata di Kawasan konservasi,” ujarnya.

“Sebagaimana pesan Pak Gubernur, masyarakat Kaltim harus berdaulat mengelola sumber daya alam secara Lestari dan sebesar-bersanya dimanfaatkan untuk kemaslahatan rakyat Kaltim,” imbuh Irhan.

Untuk menuju pembentukan BLUD, pihak DKP Kaltim, bekerjasama dengan mitra pembangunan dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN). YKAN diharap dapat bersama DKP Kaltim melakukan akselerasi pembentukan BLUD.

“YKAN salah satu mitra pembangunan yang selama ini sudah banyak membantu Pemerintah Provinsi dalam memberi perlindungan dan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan. Apalagi mereka juga punya pengalaman dalam pembentukan BLUD Raja Ampat, Papua Barat,” paparnya.

“Dengan pengalaman YKAN dan komitmen DKP Kaltim, Insya Allah, kita dapat mewujudkan BLUD yang akan menjadi model di Kalimantan,” sambung Irhan.

Senada dengan Irhan, Senior Manager YKAN Kalimantan Timur, Niel Makinuddin mengatakan, YKAN sebagai mitra pembangunan Pemprov Kaltim siap mendukung DKP Kaltim mewujudkan pembentukan BLUD UPTD KPP3K KDPS Kabupaten Berau.

“Menurut saya ini kemitraan yang sangat baik. Rekan-rekan dari DKP Kaltim sangat antusias dan gercep. Kami sudah bertemu dan sepakat bersama mendorong pembentukan BLUD. Insya Allah segera ditindak lanjuti dengan serangkaian aktivitas hingga terbentuk dan beroperasinya BLUD,” ujarnya.

Niel bilang, momen pembentukan BLUD ini sangat tepat bagi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara. Keberadaan IKN dan BLUD akan saling menguatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam memperkuat layanan kepada masyarakat dan meningkatkan pundi-pundi pendapatan daerah

“Selain kawasan hutan yang indah dan lestari, Kaltim juga punya Kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil yang asri dan menjadi magnet dunia. Keberadaan IKN di Kaltim sangat mendukung pengelolaan yang berkelanjutan di Kawasan hutan dan laut, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button