Home Info Kota & Ekonomi Dipatenkan dan Dipromosikan, Hingga Diikutkan Pameran

Dipatenkan dan Dipromosikan, Hingga Diikutkan Pameran

745
0

Bicara promosi keunggulan dan potensi kota, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) mengambil peran dan bagian paling dominan. Sudah seyogianya begitu. Termasuk soal promosi batik.

BERBAGAI bentuk dukungan pada promosi batik perlu diimbangi dengan semangat pengrajin dan pegiat batik di Balikpapan dalam hal produktivitas dan kualitas karya. Kepala Disporabudpar Oemy Facessly menekankan itu agar tidak sampai overlap. “Maksudnya, tentu sayang jika pemerintah gencar dalam hal promosi hingga produk Balikpapan dikenal, namun belakangan kita sendiri tidak bisa mengimbangidalam hal produksi,” sebut Oemy.
Dalam proses melindungi hak kekayaan intelektual dalam karya batik lokal, Disporabudpar juga berupaya mematenkan produk-produk batik asli Kota Minyak. Batik Shaho, Batik Jahe, Batik Mangrove, Batik Karamunting, dll, adalah nama-nama karya pembatik di Balikpapan.
“Pada kesempatan tertentu, kami bergantian mengajak pengrajin batik untuk ikut serta memamerkan karyanya saat pameran,” ungkap Oemy. Yang terdekat, saat momen pameran Pekan Raya Balikpapan (PRB) akhir tahun lalu. Juga pada kesempatan acara gabungan tutup tahun di Hotel Sagita.
Event khusus Lomba Busana Batik Balikpapan juga pernah digarap oleh Disporabudpar Balikpapan pada November 2014 . Dan event ini sudah diagendakan menjadi acara tahunan. Tujuannya sama, untuk mengenalkan dan mengembangkan produk batik dari Kota Minyak.

Proses peragaan dan lomba dibagi pada tiga kategori, dari anak-anak, remaja, hingga perwakilan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Lomba busana batik untuk SKPD ini baru yang pertama kalinya. Itu sekaligus menjadi bentuk dukungan Disporabudpar pada peraturan Pemerintah Kota Balikpapan yang mewajibkan pejabat dan staf pemerintahan untuk menggunakan batik. [pr]

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 39 Februari 2016

Previous articleSaatnya Batik Balikpapan
Next articleBorneo Ladies Club (BLC) Ambil Bagian untuk Ikut Memajukan Batik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.