Home Info Kota & Ekonomi Genjot Wisatawan, Profesionalkan Pengelolaan

Genjot Wisatawan, Profesionalkan Pengelolaan

685
0
DINAS Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan menyusun langkah-langkah agar bisa menaikkan jumlah wisatawan di atas 2.250.000 orang tahun depan.

Kepala Disporabudpar Oemy Facessly optimistis, jumlah kunjungan 
terus naik. “Kami melakukan banyak promosi seperti mengikuti pameran Asia Afrika di Bandung, pagelaran seni di Taman Mini Jakarta, dan bekerjasama dengan beberapa kota lainnya,” ungkap Oemy.
Keyakinan Oemy akan bertumbuhnya wisatawan didukung letak Balikpapan yang menjadi pintu gerbang Kalimantan Timur, mengingat Bandara SAMS Sepinggan mampu mendulang penumpang hingga 15 juta orang pertahunnya.
Di satu sisi, Disporabudpar telah diberi otoritas untuk mengelola beberapa aset daerah secara profesional. Gedung Kesenian Balikpapan (GKB), Lapangan Tenis, Lapangan Tembak, Venue Gayung Km 12, dan Gedung Squash, adalah beberapa di antaranya. Harapannya, dengan pengelolaan itu, bisa dikonsepkan program yang selaras dengan program kunjungan wisata, sekaligus menyumbang pendapatan asli daerah (PAD).
Selain itu, Pemerintah kota Balikpapan juga sedang mengonsepkan Agrowisata di kawasan timur kota Balikpapan. Tentu agrowisata itu diharapkan bisa menarik wisatawan datang ke Balikpapan dengan objek wisata baru. Kawasan agrowisata itu direncanakan berada di atas lahan 300 hektare dan menyedot investasi sampai Rp 300 miliar di kawasan Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur.
“Untuk agrowisata sudah ada dibangun di utara oleh swasta. Yang di Timur sedang dalam kajian karena menyedot anggaran yang tidak sedikit,” tandas Oemy. [pr]
Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 44 Juli 2015

Previous articleGambit
Next articleKerjasama Wisata Balikpapan dan Sleman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.