Home Info Kota & Ekonomi Ikawangi Gelar Event Akbar dan Silaturahmi Nasional

Ikawangi Gelar Event Akbar dan Silaturahmi Nasional

1020
0

Ikut Semarakkan HUT ke-119 Kota Balikpapan

PAGUYUBAN Ikawangi (Ikatan Keluarga Banyuwangi) ikut tampil meramaikan kemeriahan HUT ke-119 Kota Balikpapan, Februari ini.

Dengan ribuan anggota yang dimiliki, Ikawangi ingin menunjukkan kesolidan warganya. Lewat acara bertajuk “Silaturahmi Keluarga Banyuwangi se-Kaltim dan Kaltara”, digelar pentas seni dan budaya pada Sabtu, 27 Februari 2016 nanti, di Lapangan Sudirman Balikpapan.

Ketua Umum Ikawangi Balikpapan Fuad Rizhal Masduqi, SE menegaskan, agenda ini bukan hanya sebagai pengobat rindu akan kampung halaman bagi anggota paguyuban ini, tapi
juga membawa pesan silaturahmi bahkan sampai ke tingkat nasional, dan mengajak berbagai pihak untuk menjaga nilai-nilai budaya sekaligus persatuan antar-paguyuban.

“Inti acara adalah temu warga dan silaturahmi. Konsepnya kami suguhkan berbagai kreasi warisan budaya Banyuwangi,” sebut Fuad.

Pesan lainnya, sebut Fuad, sebagai perwujudan simpati, rasa bangga, sekaligus kesyukuran dan bahagia akan kemajuan kota dan warganya. “Harapan kami, dari acara ini muncul loyalitas yang bisa diekspresikan dengan berbagai cara positif oleh siapa saja,” ujar Fuad.

Bapak tiga putra ini berupaya menyatukan seluruh warga, khususnya yang tergabung dalam Ikawangi, baik di Kaltim maupun Kaltara, untuk bergabung di acara ini.

“Skalanya memang Kaltim-Kaltara. Beberapa tokoh nasional juga akan hadir. Dan kami memilih Balikpapan karena lokasinya yang
strategis, tempatnya yang kondusif, dan momennya bertepatan dengan HUT Kota,” tambahnya.

ACARA PERTAMA SEJAK 28 TAHUN
Fuad yang dipercaya sebagai Ketum Ikawangi sejak 2008 ini berharap ada banyak usulan dan masukan untuk memajukan Paguyuban dan Balikpapan. Salah satu yang ia wacanakan
adalah membentuk  pesantren terpadu, atau balai pendidikan sejenis di bidang edukasi. “Karena setiap paguyuban itu punya
setidaknya tiga misi, pertama bagaimana mempertahankan seni dan budayanya, kedua orientasi sosialnya, dan ketiga edukasi dan advokasinya,” papar Fuad.

“Ini acara pertama dalam sejarah Ikawangi yang skalanya nasional sejak berdiri 28 tahun lalu. Kami berharap endingnya bisa muncul rasa percaya diri untuk terus maju dan turut berkarya bagi bangsa, khususnya warga asal Banyuwangi. Ini penting, agar semua berani sukses. Sukses butuh rasa percaya diri, asal tidak sombong dan terus menggali potensi diri,” pesannya.

Rangkaian acara ini semuanya gratis. Jauh sebelumnya, Fuad mengaku sudah melakukan roadshow selama 4 bulan untuk sosialisasi agenda ini. “Banyak pihak mendukung, dan kami sangat berterima kasih pada semua yang turut menyukseskan acara ini,” tandasnya. (hfd)

RANGKAIAN ACARA TEMU WARGA & SILATURAHMI IKAWANGI

– Temu warga Banyuwangi seluruh Kaltim dan Kaltara
pada 27 Februari di Lapangan Sudirman.

Acara menyuguhkan hiburan dan budaya. Ada Tari Jejer Gandrung dan Tari Dayak sebagai pembuka, Umbul-umbul Blambangan, Pagelaran Seni Tari Banyuwangi, dilanjut oleh acara utama Live Perform Runner Up Dangdut Academy Indosiar season 2 dan Juara D’Academy Asia 2015 season 1, Danang Pradana Dieva atau yang lebih dikenal dengan Danang Banyuwangi.

– Silatnas Ikawangi pada 28 Februari 2016 di Hotel Gran Senyiur Balikpapan.
Silatnas ini merupakan silatnas yang kedua. Sebelumnya, pada 19 September 2015 lalu dilaksanakan di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Rangkaian acara ini merupakan review dari acara September
lalu di ITB.

– Rangkaian acara akan dihadiri ribuan warga. Di Balikpapan sendiri, ada 6.872 Kepala Keluarga (KK), dan ada 18 Paguyuban Ikawangi secara nasional yang perwakilannya menyatakan hadir bahkan dari Irian Jaya. Dari Kutai Barat akan ada 3 bus mengkonfirmasi hadir, Tenggarong ada 300 orang dan semuanya sudah terdaftar dan masuk di database.

– Beberapa tokoh nasional dan tokoh Kaltim yang menyatakan hadir:  Dr. Ir. Arief Yahya, M.Si (Menteri Pariwisata Republik Indonesia), Ir. Abdullah Azwar Anas, M.Si, Brigjen. Purn. M. Kahfi (Tokoh Ikawangi Nasional dan Mantan Wagub DKI Jakarta periode 1997 – 2002), beberapa perwira aktif berpangkat Mayor Jendral, dan purnawirawan. Tokoh Kaltim ada jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Provinsi Kaltim, Muspida Kota Balikpapan, Paguyuban se-Balikpapan, dan 6 orang bertitel Professor.

Panitia Penyelenggara:
Ketua Umum Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Balikpapan

H. Fuad Rizhal Masduqi, SE

Ketua Panitia

Budi Sakti Purnomo, S.Psi


Jajaran Panitia : Ketua Umum Ikawangi Balikpapan Fuad Rizhal Masduqi, SE (kanan), Ketua Panitia Budi Sakti Utomo, S.Psi (dua dari kanan), dan Panitia Pendukung.

Dukungan & Sponsorship :
– Danlanal Balikpapan, Kolonel Laut (P) Arief Budiman
– Polda Kaltim, Karobinkar AKBP. Edgar Diponegoro
– Wakil Walikota Terpilih, H. Rahmad Mas’ud
– Pemerintah Kota Balikpapan, Wali Kota Balikpapan H. Rizal Effendi, SE
– PT. Anugerah Mitra Abadi, H. Nurochim, SH
– Restoran Kepiting Dandito Balikpapan
– Kaltim Post
– Radio Pangaba FM
– Discover Borneo (DB)

Source : DISCOVER BORNEO

Previous article15 Februari, PDAM Menggilir Produksi Air
Next article3 Cara Kreatif Memotret Gerakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.