Home Technology and Tips Tips Agar Pencarian pada Google Search Menjadi Lebih Efisien

Tips Agar Pencarian pada Google Search Menjadi Lebih Efisien

646
0

Dewasa ini, kehidupan manusia tak bisa jauh dari internet. Sehari-hari hampir semua orang menggunakan waktu mereka dengan ber-internet ria baik itu browsing, update di sosial media, atau streaming video. Bahkan, banyak juga profesi-profesi sekarang yang sangat bergantung dengan internet. Saat berselancar di dunia maya, tak jarang kita melakukan pencarian di search engine yang tersedia, khususnya Google Search. Hampir semua orang yang aktif di dunia maya selalu mencari sesuatu yang ia butuhkan atau sesuatu yang ia ingin ketahui melalui Google Search. Tak jarang juga beberapa orang yang melakukan pencarian di Google Search menemukan hal yang bukan ia cari atau yang ingin ia ketahui. Lalu, adakah cara agar kita dapat dengan mudah menemukan yang kita cari tanpa melihat hal lain yang tidak relevan dengan pencarian kita?

Melalui hashtag #PinterNet, akun sosial media Twitter @TelkomIndonesia milik PT. Telkom Indonesia membagikan tips-tips mengoptimalisasi pencarian pada Google Seach pada Senin (15/02) sore. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Umumnya, pencarian di Google Search berupa tipe “broad matching” yang menunjukan hasil yang luas atau tidak spesifik. Untuk memaksimalkan hasil pencarian, tips pertama adalah gunakan tanda petik dua (“) pada keyword atau kata kunci pada Google Search. Tanda (“) digunakan untuk mendapatkan hasil dengan frasa yang dimuat. Sistem ini disebut dengan Phrase Match.

Kedua, kurangi kata yang tidak diinginkan dengan simbol (-). Simbol ini digunakan saat kita hendak mencari sesuatu yang mengharuskan kita menggunakan keyword yang bermakna ganda, misalnya jaguar. Jaguar yang dimaksud adalah binatang, bukan merk mobil. Maka, kita bisa menggunakan keyword : Jaguar -mobil -car seperti gambar berikut.

Berikutnya, tanda baca titik dua (:) juga bisa digunakan untuk mengkhususkan pencarian di Google Search. Kegunaan penggunaan tanda baca titik dua (:) pada keyword adalah mencari kata spesifik di dalam situs internet tertentu. Sintaks yang digunakan adalah ‘site:’. Contoh, mencari artikel tentang Presiden Jokowi di situs Telkom, ketik: Jokowi site:telkom.co.id.

Kegunaan lain dari (:) adalah mencari situs web yang serupa dengan sintaks ‘related’. Contoh: related:google.com. Dengan begitu, Google akan mencari situs web lain yang sejenis dengan google.com.

Anda pernah mendengar sebuah lagu tapi lupa lirik lengkapnya? Google Search juga punya solusi untuk ini. Gunakan asterisk (*) dan kutip sebagai pengganti kata yang tidak diingat. Contoh: “don’t let me *”. Google Search akan mencarikan kata / lirik yang hilang pada hasil-hasil pencarian yang dimuat.

Tips terakhir, gunakan tabs dan fitur Advanced Search pada Google untuk memaksimalkan pencarian.

Itulah beberapa tips untuk memaksimalkan hasil pencarian pada Google Search. Semoga berguna dan selamat mencoba!

Source : PT. Telkom Indonesia (@TelkomIndonesia)

Previous articleDid You Know: Riau Pernah Memiliki Rupiah Sendiri, Seperti Apa?
Next articleDid You Know : Di Desa Derweze Turkmenistan Ada Pintu Menuju Neraka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.