Home Lifestyle Tips Snorkeling Bagi Pemula

Tips Snorkeling Bagi Pemula

574
0
Snorkeling adalah aktivitas menikmati keindahan bawah laut melalui permukaan dengan menggunakan peralatan untuk bernapas. Jika pada umumnya kita bernapas melalui hidung, saat snorkeling, pernapasan dilakukan melalui mulut.
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan snorkeling.
1. Masker
Berfungsi sebagai kacamata saat Anda melakukan aktivitas snorkeling, sehingga bisa menikmati keindahan bawah laut. Alat ini juga menutup hidung yang memudahkan pernapasan melalui mulut. Agar nyaman, pilihlah masker yang pas dengan ukuran wajah, tidak kebesaran atau kekecilan.
2. Snorkel
Selang yang digunakan sebagai alat bantu bernapas melalui mulut. Ada baiknya melakukan latihan bernafas sebelum masuk ke air. Hal ini penting agar terbiasa bernafas dengan mulut karena biasanya akan menimbulkan kepanikan.
3. Fin
Fin atau kaki katak merupakan alat bantu kita mengayuh di dalam air. Pilihlah ukuran yang pas dengan kaki agar nyaman saat berenang di dalam air.
4. Jangan panik
Menguasai diri penting saat melakukan snorkeling. Panik saat snorkeling akan membuang energi karena akan melakukan gerakan yang berlebihan. Snorkeling dengan beberapa teman disarankan bagi pemula.

5. Tidak buru-buru
Snorkeling sebaiknya dimulai dengan daerah yang dangkal sambil membiasakan diri menggunakan peralatan.
6. Kenali Arus
Membaca arus air juga penting menjaga ketahanan tubuh agar tidak cepat lelah. Berenanglah sesuai arus air, jangan melawan arus.
7. Perhatikan Flora dan Fauna
Sebelum snorkeling sebaiknya pelajari secara singkat hewan atau tumbuhan apa yang berbahaya.
8. Ramah Lingkungan
Saat snorkeling, berhati-hatilah dengan kaki katak yang Anda gunakan. Jangan sampai mengenai karang di sekitar Anda karena ini akan merusak. Apalagi, istirahat dan berdiri di atas karang. Tidak diperkenankan memegang, bahkan mengambil apa saja yang ada di bawah laut; ikan karang, bintang laut. Jadilah snorkeler yang bertanggungjawab.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 21 September 2013

Previous articleTips Kartu Kredit
Next articleKenali Call Center Bank Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.