Home Leisure Be Living Balikpapan

Be Living Balikpapan

653
0

Catatan Rizal Effendi

Saya sangat bersyukur hingga Balikpapan, kota yang kita cintai ini, terpilih sebagai The Most Lovable City dari World Wild Fund for Nature (WWF) dan Earth Hour Global. Balikpapan sejajar dengan kota-kota besar dunia dalam kaitannya dengan keberlangsungan pembangunan yang ramah terhadap lingkungan.
Pada 2008 lalu, Bank Indonesia (BI) Balikpapan, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) bersama Pemerintah Kota dan stakeholder pariwisata seperti Balikpapan Tourism Board (BTB) dan tim kreatif yang akhirnya menerbitkan Majalah Discover ini pernah merilis slogan: Be’ Living Balikpapan. Slogan itu bermakna ganda; Percayalah (dengan kondusivitas) kota ini dan Tinggallah (dengan nyaman) di sini.
Tahun berganti, dan mereka yang percaya juga yang tinggal di kota ini akhirnya menemukan keuntungan dan tumbuh kecintaannya secara alami. Ada beragam alasan yang tim Discover sanggup menyampaikannya dengan baik dalam ulasan ini.
Kota kami adalah pintu gerbang menuju hutan tropis Kalimantan. Di sini, kita dapat menikmati kehidupan modern berdampingan dengan alam liar. Kita bisa menjumpai keanekaragaman flora dan fauna khas Borneo seperti orangutan, beruang madu, pesut atau lumba-lumba Kalimantan. Menikmati kesejukan udara pantai sambil berolahraga pagi. Garis pantai kota ini membentang 45 kilometer dengan pasir putih yang lembut. Kita bisa mendapatinya di timur kota ini, bahkan di pusat kota. Bukan hanya wisata alam, Balikpapan adalah surga belanja, penyedia masakan lezat, lokasi olahraga favorit, serta tempat memanjakan diri.
Saya sangat mengapresiasi semua pihak ketika di bidang investasi, investor properti global, Lamudi, memilih Balikpapan sebagai kota teratas dalam investasi properti berdasarkan pertumbuhan harga, trend pencarian dan kesempatan investasi. Balikpapan sejajar dengan Pekanbaru, Riau dan Surabaya, Jawa Timur.
Maka, jangan pernah berhenti percaya bahwa kota ini akan terus semakin baik dengan segala rintangan dan kekurangannya. Dan semua itu bisa dicapai karena peran semua warga, semua pihak. Saya berterima kasih dan mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga dan mempertahankannya. [*]
Saya sangat bangga Balikpapan menerima beragam penghargaan termasuk The Most Livable City di mana kota ini unggul dalam aspek tata kota dan pengelolaan lingkungan berdasarkan persepsi masyarakat, dengan indikator ketersediaan fasilitas kesehatan, pendidikan, rekreasi, ketersediaan energi dan air bersih, hingga interaksi antarpenduduk, informasi layanan publik dan fasilitas bagi kaum difabel.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 43 Juni 2015

Previous articleA City Designed to be Smarter
Next articleFrom The WILD FOREST to The Most LOVABLE CITY (Part 1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.