Home Business Bisnis UMKM Kondusif? Perhatikan Ini…

Bisnis UMKM Kondusif? Perhatikan Ini…

804
0
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki posisi penting, bukan saja dalam penyerapan tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat, dalam banyak hal menjadi perekat dan meminimalkan kesenjangan sosial karena bergerak di berbagai bidang usaha, yang menyentuh kepentingan seluruh lapisan masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan upaya untuk menumbuhkan iklim bisnis yang kondusif bagi perkembangan UMKM dalam mempercepat pembangunan.

Adapun unsur lingkungan bisnis kondusif yang perlu menjadi perhatian meliputi ketersediaan modal, infrastruktur dan fasilitasnya, ketersediaan tenaga terampil, layangan pelatihan, jaringan informasi bisnis, ketersediaan layanan bisnis, dan kualitas pengelolaan sektor publik.
Dalam kaitan penyediaan fasilitasi jaringan informasi bisnis tersebut, sejak tahun 2011 kami melakukan survei profil UMKM di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan yang meliputi Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser, yang hasilnya kami sajikan dalam bentuk website Bank Indonesia : http://www.bi.go.id/id/umkm/klaster/profil-umkm/Default.aspx.

Untuk tahun 2015, selain dapat diakses melalui website kami juga publikasikan data profil UMKM hasil survei tahun 2014 yang kami cetak dalam bentuk Booklet.
Dengan segala keterbatasan informasi yang tersedia ini, kami berharap agar informasi dapat memberikan manfaat optimal bagi pelaku UMKM, pihakpihak terkait serta masyarakat secara keseluruhan. [*]

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 49 Desember 2015

Previous articleKeep Calm and Support Small Business (Part 2)
Next articleJalan Keluar di Saat Sulit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.