Home Info Kota & Ekonomi Rekor Dunia dari Makan Lele Bersama

Rekor Dunia dari Makan Lele Bersama

648
0

Gizi yang terkandung dalam ikan lele tak hanya mampu menyehatkan badan. Di Balikpapan, ikan lele punya manfaat lain, yakni mendorong sektor pariwisata. Bagaimana bisa?

SERIBU orang lebih memenuhi Pantai Manggar Segara Sari dalam agenda Pesta Laut sekaligus bersama-sama membuat rekor baru sebagai penyelenggara Kampanye Makan Naget Ikan Lele Terbanyak di dunia. Rekor ini dicatat oleh Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia. Piagam penghargaan diserahkan kepada para peserta pencatat rekor melalui Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Disporabudpar) , Oemy Facessly.
“Terima kasih untuk masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pencatatan rekor ini, semoga kebiasaan makan ikan lele terus dilanjutkan. Apalagi jika harga ikan laut naik, lele bisa menjadi pilihan,” ungkap Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, yang ambil bagian menyantap lele di acara itu.

Rizal menyebut, berbagai acara yang berlangsung di Pantai Manggar selama ini terbukti mampu meningkatkan kunjungan wisata. Selain warga Balikpapan, acara ini juga diikuti sejumlah warga dari Singapura, Brunai Darussalam, Thailand, Malaysia dan Philipina.
Lembaga Prestasi Indonesia Dunia yang diketuai Paulus Pangka mencatat para peserta menyantap 10 ribu potong naget berbahan ikan lele. “Prestasi ini masuk dalam kategori Bidang Ekonomi Kreatif dan Ketahanan pangan,” kata Paulus. Sementara Kepala Disporabudpar Oemy Facessly berharap, berbagai kegiatan yang digelar di Pantai Manggar bisa menjadi pendorong masyarakat berwisata di kawasan ini.
Kegiatan Pesta Laut yang dihelat awal Maret lalu menjadi bagian dari perayaan HUT ke 118 Kota Balikpapan. Dimeriahkan dengan Festival Kuliner masakan khas Balikpapan dan diikuti tim penggerak PKK dari 18 kelurahan se Balikpapan. [lin]

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 41 April 2015

Previous article#WeLoveBalikpapan
Next articleSabet Penghargaan Kota Langit Biru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.