Home Info Kota & Ekonomi Sabet Penghargaan Kota Langit Biru

Sabet Penghargaan Kota Langit Biru

705
0
ATAS penilaian kualitas udara di 44 kota se-Indonesia dalam program Langit Biru dan Transportasi Berkelanjutan yang dilaksanakan tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2014 lalu, Kota Balikpapan berhasil masuk lima besar dan menduduki peringkat ke-3 secara nasional. Kota Minyak meraih penghargaan Kota Langit Biru 2014 kategori kota besar setelah Tangerang Selatan dan Pontianak.
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Balikpapan Suryanto didaulat menerima hadiah dan penghargaan dari Deputi Menteri Lingkungan Hidup Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Karliansyah, di Jakarta (13/3).
Untuk diketahui, jumlah kota yang dievaluasi pada 2014 mencapai 44 kota. Jumlah itu meningkat dari hanya 26 kota pada tahun 2011. “Sebanyak 25 kota yang telah dievaluasi tahun 2013 juga kembali dievaluasi pada tahun 2014,” jelas Suryanto.
Dari hasil uji emisi kendaraan menunjukkan peningkatan tingkat kelulusan untuk kendaraan bensin dari 89% pada 2013 menjadi 90% pada 2014. “Ini serupa untuk kendaraan solar. Tingkat kelulusan meningkat dari 51% di tahun 2013 menjadi 78% pada tahun 2014,” jelasnya.
Melalui kegiatan Evaluasi Udara Perkotaan (EKUP), Deputi Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) mengeluarkan dua jenis rekomendasi, yaitu rekomendasi teknis dan kebijakan. “Rekomendasi teknis yaitu penyusunan inventarisasi emisi, restruksturisasi dan reformasi angkutan umum, perbaikan sarana transportasi tidak bermotor, pengurangann penggunaan kendaraan pribadi, pemantauan kualitas udara, penguatan pengujian kendaraan bermotor dan penyediaan informasi publik,” sebut Karlianyah dari Deputi KLH. (pr/hms)

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 41 April 2015

Previous articleRekor Dunia dari Makan Lele Bersama
Next articleCempedak, Nikmatnya Luar Dalam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.