Home Travel Wisata Air Terjun

Wisata Air Terjun

866
0
Kalimantan Timur memang tak memiliki pegunungan, layaknya bagian lain nusantara. Tetapi itu tak meniadakan keberadaan air terjun yang bisa dinikmati keindahan dan kesegarannya. Berikut sejumlah air terjun yang ada di Kalimantan Timur, yang pantas untuk dikunjungi:
1. Air Terjun Unai
Air terjun Unai berada di Kabupaten Paser. Air terjun ini merupakan cabang anak sungai di kawasan Hutan Lindung Gunung Lumut. Hutan perawan di kawasan gunung tersebut merupakan penyangga kehidupan 12 kampung dikawasan hutan lindung. Salah satunya adalah Kampung Muluy, Desa Swan Slotung Kabupaten Paser. dimana berdiam Suku Muluy, yakni salah satu dari 14 suku dayak Paser. Hutan Lindung Gunung Lumut itu memiliki luasan sekitar 42 ribu hektar dan puncak tertingginya 1.210 meter di atas permukaan laut (dpl). Namun dari ketinggian 500 dpl kita sudah dapat melihat lumut menyelimuti hulu sungai yang keluar dari Gunung Lumut, salah satunya sungai Muluy.
2. Jantur Menarung
Jantur dalam bahasa Dayak berarti air terjun. Jantur Menarung biasa juga disebut dengan Jantur Ombau Asa karena terletak di Desa Ombau Asa Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat. Air terjun ini banyak disukai pelancong lantaran masih alami. Air yang jernih dengan ketinggian tak lebih 20 meter.

3. JANTUR INAR

Masih di Kutai Barat, ada Jantur Inar di Kampung Temula Kecamatan Nyuatan. Ini merupakan air terjun tertinggi di Kutai Barat dengan panjang sekitar 30 meter. Air terjun ini masih terlihat alami dengan lumut yang menempel di batu dan tumbuhan liar di sekelilingnya. Untuk melihat keindahan Jantur Inar pengunjung harus turun melewati ratusan anak tangga. Jika berada di sekitar lokasi pemandian, hawa sejuk langsung menyapa.

4. JANTUR GEMURUH

Air terjun ini terletak di Kecamatan Sekolaq Darat, tak jauh dari pusat kota Kutai Barat. Jantur Gemuruh memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Keistimewaan Air Terjun Jantur Gemuruh yaitu terdapat candi-candi peninggalan Kerajaan Hindu yang dikenal dengan Batu Begulur. Terdapat juga lorong-lorong yang dibuat dibawah tanah dengan lapisan batu yang panjangnya 50 m. Lokasi ini cocok untuk dijadikan lokasi penelitian pihak kepurbakalaan.

5. Air Terjun Tanah Merah
Taman Wisata Air Terjun Tanah Merah terletak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Samarinda. Selain menawarkan pemandagan air terjun, pengelola tempat ini telah melengkapi dengan gazebo, pujasera dan fasilitas umum. Bahkan tempat bermain anak-anak pun tersedia.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 26 Februari 2014

Previous articleStandar Pelayanan Pemkot Balikpapan (HUMPRO) : Penanganan Pengaduan Publik
Next articleBarometer Photography Community

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.