Home Technology and Tips 5 Tips Memulihkan Kulit yang Memerah Karena Olahraga

5 Tips Memulihkan Kulit yang Memerah Karena Olahraga

553
0

Selepas berolahraga berat, kita sering mendapati kulit berubah menjadi kemerahan. Jangan khawatir karena kondisi tersebut alami dan tidak berdampak negatif bagi kesehatan. Hanya saja, kulit yang kemerahan bagi sebagian orang agak mengganggu penampilan.

Ada sejumlah cara aman untuk menyiasatinya tanpa harus menginterupsi aktivitas olah fisik Anda. Namun sebelum itu, apa sebetulnya penyebab memerahnya kulit?

Jessica Weiser M.D. dari New York Dermatology Group menjelaskan, merah pada kulit merupakan reaksi yang timbul karena suhu tubuh yang meningkat saat berolahraga. Ketika beraktivitas berat, seperti berolahraga, tubuh dan otot menghasilkan energi yang menyebabkan pembuluh darah melebar. “Kondisi tersebut memungkinkan panas lepas melalui kulit untuk menjaga temperatur tubuh tetap normal,” jelasnya seperti dikutip Shape.com.

Lantas cara apa saja untuk memulihkan kulit yang memerah karena berolahraga?

1. Berolahraga di Tempat yang Sejuk
Tidak ada salahnya jika memilih berolahraga di luar ruangan karena dapat menyatukan Anda dengan alam. Namun jangan terlalu menyiksa diri dengan menjemur diri di bawah terik sinar matahari. Jika panas menyengat, pilih tempat yang lebih sejuk. Pastikan persediaan air juga mencukupi agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Perlu diingat asupan air turut memengaruhi kondisi kulit.

2. Lakukan Peregangan Usai Olahraga
Di samping mengurangi ketegangan otot, peregangan juga efektif untuk mendinginkan kembali suhu tubuh sehingga mengurangi kemerahan. Saat denyut jantung kembali normal, panas tubuh akan berkurang, dan mengencangkan kembali pembuluh darah.

3. Kompres dengan Susu
Sama seperti menaruh kompres pada dahi kala demam, menaruh kompres yang diperas dengan susu pada area wajah yang memerah berguna untuk menurunkan suhu pada kulit. “Suhu yang sejuk, level pH, dan protein pada susu ampuh menarik panas dari kulit sehingga meredakan kemerahan,” kata Jessica.

Baca Juga: 50 Inspirasi Busana untuk Kondangan

4. Aplikasikan Produk Antiperadangan
Jika mengompres terlalu merepotkan, Anda dapat menggantinya dengan pengaplikasian produk-produk perawatan kulit yang fokus pada anti peradangan. Pilih sesuai dengan kondisi kulit Anda.

5. Rehat Sejenak
Jessica menyarankan untuk menyelingi latihan dengan rehat sejenak. “Melakukan latihan fisik berintensitas rendah yang diselingi dengan rehat sejenak akan memelankan denyut jantung sehingga kulit tidak terlalu memerah,” jelas Jessica. (dng/dng)

Source : Detik Wolipop

Previous articleKetika Jalur Online Mudahkan Proses Belajar
Next articleUnik! Balikpapan Punya Bukit Makam Warna-warni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.