Home Technology and Tips Android N Cegah Aplikasi Berjalan di Background

Android N Cegah Aplikasi Berjalan di Background

758
0

Meski punya kapasitas RAM besar, di titik tertentu ponsel kadang terasa melambat performanya. Biasanya ini terjadi karena ada aplikasi menumpuk di background. Nah, Android N punya fitur yang bisa membatasinya.

Fitur yang dimaksud dinama Data Saver, yang bisa diakses di menu data usage. Jadi ketika fitur ini diaktifkan pengguna bisa menentukan aplikasi mana saja yang boleh berjalan di background, dan yang mana yang tidak.

Pengguna cukup menggeser tombol yang ada di bagian kanan tiap-tiap aplikasi yang ada dalam daftar Data Saver. Anggap saja yang diperbolehkan adalah aplikasi-aplikasi yang aktif penggunaannya, seperti email, WhatsApp dan BBM. Sedangkan aplikasi penguras kapasitas RAM, seperti Facebook atau yang lainnya bisa dipertimbangkan untuk dibatasi.

Dengan adanya fitur Data Saver ini tentu diharapkan penggunaan RAM bisa jadi lebih optimal. Sebab hanya aplikasi-aplikasi yang dianggap penting yang dibolehkan standby. Performa ponsel pun jadi terjaga karena tak ada rebutan kapasitas RAM dengan aplikasi yang tak penting.

Namun sebenarnya fitur Data Saver ini bukanlah hal baru, sudah sejak lama beberapa aplikasi menawarkan hal yang sama, salah satunya adalah Greenify. Bedanya, untuk menggunakan Greenify misalnya, disarankan perangkatnya sudah dalam kondisi root.

Sayang ketika detikINET ingin menjajalnya, Android N yang tertanam di Nexus 6P kerap menunjukkan gejala hang saat mencoba mengaktifkan fitur Data Saver. Tapi mengingat Android N yang dipakai masih versi Preview, hal ini sebenarnya bisa dimaklumi. Mungkin fitur Data Saver akan benar-benar lancar digunakan pada Android N versi final nanti. (fyk/fyk)

Source : Detik Inet

Previous articleTips Merapikan Meja Kantor Agar Kerja Lebih Semangat dan Produktif
Next articleTantangan yang Dihadapi Wanita Indonesia Saat Bekerja Sebagai Ilmuwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.