Home Travel Oleh-oleh Unik dari Balikpapan, Batu Mulia

Oleh-oleh Unik dari Balikpapan, Batu Mulia

735
0

Buah tangan seperti gantungan kunci atau magnet kulkas sudah terlalu biasa. Ada oleh-oleh unik saat liburan ke Balikpapan yaitu batu mulia. Banyak sekali yang bisa dipilih, tentu dengan harga yang lebih miring.

Batu mulia tak hanya bisa dinikmati oleh mereka yang mengoleksi atau mengerti saja. Tapi juga untuk siapa saja. Batu mulia ini bisa dijadikan perhiasan seperti cincin, kalung dan sejenisnya. Di Balikpapan, Kalimantan Barat, ada pasar oleh-oleh yang banyak menjual batu mulia.

Salah satu batu yang terkenal dari Balikpapan adalah batu kecubung. Dikenal demikian karena warnanya yang ungu seperti bunga kecubung. Namun ternyata, tidak semua batu kecubung berwarna ungu, karena ada juga yang berwarna hijau, putih gading dan kuning.

Jika Anda tertarik, maka Pasar Kebun Sayur di Jalan Kebun Sayur, Balikpapan adalah jawaban yang tepat. Selain menjual beragam oleh-oleh khas Kalimantan yang menarik, banyak juga yang menjual batu-batu mulia.

Harga yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari puluhan ribu hingga jutaan Rupiah. Semua tergantung umur batu dan campuran yang digunakan. Ada dua jenis batu yaitu batu masak atau batu alami. Batu masak dibuat dengan beberapa campuran. Sedangkan batu alami terbentuk oleh alam.

Tentu yang lebih mahal adalah yang terbentuk dari alam. Tak heran jika ada batu yang harganya jutaan Rupiah meski hanya sebesar kuku.

Jika Anda kebetulan suka batu dan sedang atau akan liburan ke Balikpapan, jangan lewatkan untuk melancong ke pasar ini. Dijamin lupa waktu. Satu lagi, karena pasar impres, jangan lupa untuk menawar harga sebelum membelinya ya!

(shf/shf)

Source : Detik Travel

Previous articleUnik! Balikpapan Punya Bukit Makam Warna-warni
Next articleSulit Cari Tempat Makan yang Enak Saat “Traveling”? Ini Tipsnya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.