Home Travel Unik! Balikpapan Punya Bukit Makam Warna-warni

Unik! Balikpapan Punya Bukit Makam Warna-warni

1122
0

Biasanya kuburan memiliki suasana kelam, namun sedikit berbeda dengan di Balikpapan. Tidak jauh dari Pasar Kebun Sayur terdapat sebuah kuburan yang terletak di sebuah bukit kecil. Uniknya, makam di sana dicat warna-warni.

Saat detikTravel singgah ke Balikpapan pada hari Minggu pekan lalu (19/7/2015) sempat mampir ke Pasar Inpres Kebun Sayur untuk beli oleh-oleh. Adapun perhatian teralihkan pada salah satu bukit yang tampak ramai dengan makam. Ya, ternyata itu adalah komplek pemakaman.

Penasaran, saya pun bertanya pada salah satu penjual kuliner pisang gapit yang kebetulan berjualan tidak jauh dari pasar. Menurut cerita Ibu Sopiah yang telah lama berjualan di daerah tersebut, makam di kuburan itu memang sengaja dibuat warna-warni.

“Kalau di sini orang biasa mengecat nisannya warna-warni, apalagi kalau orang Tionghoa, lebih meriah lagi,” ujar Ibu Sopiah.

Dari kejauhan, makam yang ada di bukit tersebut memang tampak meriah dengan warna-warni mencolok seperti biru, merah, hingga kuning. Letaknya pun saling tumpang tindih seperti rumah susun di atas bukit.

“Di Balikpapan itu memang begitu, biasanya kuburan ada di atas bukit, cukup bayar sekali saja kalau mau menguburkan orang meninggal,” tambah Ibu Sopiah.

Saya pun akhirnya melangkahkan kaki menuju bukit kuburan tersebut untuk melihat lebih dekat. Dari dekat, makam yang ada dibuat berdempetan satu sama lain, dari permukaan tanah yang lebih rendah hingga ke atas.

Saking ramainya makam, melangkahkan kaki menuju permukaan yang lebih tinggi pun rasanya terbilang sulit. Ada jalan setapak kecil yang harus dilewati jika ingin menuju ke makam di bagian atas. Masalahnya, Anda tidak mungkin berjalan sambil melangkahi makam yang ada.

Kalau penasaran ingin melihatnya, mungkin Anda bisa mampir ke kuburannya yang berada tidak jauh dari Pasar Inpres Kebun Sayur di Balikpapan.

(aff/fay)

Source : Detik Travel

Previous article5 Tips Memulihkan Kulit yang Memerah Karena Olahraga
Next articleOleh-oleh Unik dari Balikpapan, Batu Mulia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.