Home Wisata Rekreasi Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan

3254
0

Mengenal lebih dekat flora khas Kalimantan seperti kruing, ulin, meranti hingga buah yang lazim tumbuh di kawasan ini. Kebun Raya Balikpapan kawasan penyelamatan dan perlindungan tumbuhan khas Kalimantan dengan tujuan penelitian dan pendidikan.

Terletak di zona pemanfataan Hutan Lindung Sungai Win dengan luas lahan 290 hektare, berada di Kelurahan Karang Joang kilometer 15 Kecamatan Balikpapan Utara.

Kebun Raya Balikpapan memiliki koleksi flora sebanyak 25 family, 50 marga, 70 jenis 310 anggrek epifit, 65 anggrek teristerial dan 50 nephentes atau kantong semar.

Kebun raya merupakan tempat di mana tumbuhan tumbuh dan dipertunjukan untuk tujuan ilmiah dan pendidikan. kebun raya memiliki koleksi tumbuhan di alam terbuka dan didalam rumah kaca, serta fasilitas ruang belajar, laboratorium, perpustakaan, museum, dan tanaman percobaan (esiklopedia encarta).

Ini merupakan salah satu kebun raya baru hasil kerjasama Pemerintah Kota Balikpapan, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dan Balai Besar Penelitian Dipterocarpaceae, Departemen Kehutanan.

Di kawasan ini kita berwisata sambil mengenali jenis tumbuhan dan belajar merawat tanaman. Penelitian dan konservasi flora adalah layanan lain yang tersedia, sehingga tercapai pelestarian tumbuhan khas endemik yang terancam punah.

Jika Ada mencari sumber utama keanekaragaman tumbuhan kayu kalimantan beserta informasi hortikultura, penelitian dan pendidikan, di sinilah pusatnya. Rekreasi keluarga bisa dilakukan dengan outbond.

Info Kebun Raya
Jln. Sungai Wain Km. 15 Kelurahan Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara, Balikpapan 76127
T (0542) 7025771
E uphlsw@indo.net.id
www.sungaiwain.org

Previous articleTaman Wisata Borneo Life
Next articleBeluluh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.