Home Wisata Rekreasi Taman Wisata Borneo Life

Taman Wisata Borneo Life

1564
0

Taman wisata satwa ini paling terkenal di Balikpapan. Borneo Life namanya, tetapi warga di kota ini lebih senang menyebutnya sebagai penangkaran buaya. Tidak keliru memang, tetapi di tempat ini, kita tidak hanya menjumpai buaya berbagai jenis dalam penangkaran.

Taman Wisata Borneo Life berlokasi di Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan. Jaraknya sekitar 27 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 60 atau hanya 25 menit dari Bandara Sepinggan. Mobil pribadi, taksi, angkutan kota No. 7 maupun berbagai jenis kendaraan bisa menjangkaunya.

Untuk menikmati atraksi satwa di lokasi ini, setiap pengunjung wajib membeli karcis seharga Rp 15 ribu. Tempat ini di buka setiap hari Senin-Minggu dari pukul 08.00-17.00 Wita. Pada akhir pekan atau hari libur, jumlah pengunjung biasanya lebih banyak.

Anda bisa memulai tur dari kolam anakan. Di sisi kanan pintu masuk, belasan anak buaya berkumpul dalam satu kolam. Semakin kita menelusuri kolam-kolam ini, ukuran buaya yang menempati kolam semakin besar, jumlahnya tiap kolam lebih sedikit.

Untuk alasan keamanan, kolam buaya ditutup dengan kawat cukup tebal. Pengunjung bebas mengambil gambar, dengan syarat tak memasukkan benda apapun ke dalam kolam. Jika Anda ingin memberi makan buaya, ada dua kolam besar yang menampung buaya-buaya berukuran raksasa.

Tak jauh dari kolam utama ini, kita bisa membeli ayam yang sudah mati untuk dilemparkan ke kolam. Buaya berebut makanan adalah atraksi utama yang digemari pengunjung.

Ada lebih dari 1.000 buaya yang berada di penangkaran ini, termasuk dua jenis buaya langka, yaitu buaya air tawar (crocodylus siamensis) dan buaya supit (tomistoma segelly).

Penangkaran Buaya Teritip mempunyai luas 5 hektar. Kawasan ini beroperasi mulai tahun 1991 dengan misi pelestarian buaya serta satwa lain dari ancaman kepunahan. Ribuan turis lokal maupun mancanegara setiap tahun mendatangi tempat ini, termasuk mendiang Pangeran Bernhard dari Belanda selaku ketua WWF.

Jika ingin mengonumsi kuliner ekstrem, Anda bisa mencoba menu daging buaya. Ada sate buaya, kerupuk, bahkan ramuan dari tangkur buaya yang dipercaya memiliki kasiat meningkatkan vitalitas pria. Ada banyak pula suvenir khas yang berasal dari buaya, seperti dompet, tas, ikat pinggang dan masih banyak lagi.

Buaya bukan satu-satunya satwa penunggu Borneo Life. Kita bisa menyaksikan orangutan, monyet, owa, ular hingga dua ekor Gajah Sumatera. Berkunjung ke Penangkaran Buaya Teritip menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Ribuan buaya memberi banyak cerita unik. Tak puas rasanya bila berkunjung ke Penangkaran Buaya Balikpapan tanpa oleh-oleh.

Previous articleKawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup
Next articleKebun Raya Balikpapan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.