Home Info Kota & Ekonomi Berbagi Resep Kota Bersih dengan Cilegon

Berbagi Resep Kota Bersih dengan Cilegon

697
0

WALI KOTA Cilegon Iman Ariadi memimpin rombongan Kepala SKPD, Camat, dan Lurah di bawah jajarannya menemui Wall Kota Balikpapan Rizal Effendi 21 Maret kemarin. Untuk apa? “Kami ingin belajar ke Balikpapan soal keberhasilan dan pengelolaan sampah,” ungkap Iman Ariadi.

Cilegon melihat track record Kota Balikpapan yang sudah meraih penghargaan Adipura sampai 18 kali. Kota Minyak juga cukup dikenal dalam manajemen pengelolaan kebersihan dan persampahannya.

Pelimpahan kewenangan dari walikota ke camat dan lurah juga relatif cepat di Balikpapan. “Makanya, kami bawa Kepala DKPP, Camat dan Lurah agar bisa langsung belajar, bertanya, melihat langsung kondisinya dan menerapkannya,” lanjutnya.

Wali Kota Rizal Effendi menjelaskan, sejumlah pencapaian bidang kebersihan di Balikpapan antara lain dibangun lewat budaya hidup bersih dan cinta lingkungan dan dikampanyekan mulai anak usia dini.

“Anak-anak sejak TK/SD sudah kami tanamkan cinta lingkungan. Ada muatan lokal di sekolah, dari SD sampai SMA,” terang Rizal.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Balikpapan Suryanto yang ikut dalam pertemuan itu menambahkan, Balikpapan juga berupaya menerapkan pola pengelolaan sampah dimulai dari sumbernya.

“Sosialisasi memilah sampah mulai dari rumah tangga juga masih berjalan. Memilah sampah kering dan sampah-sampah basah dari skala rumah,” terang Suryanto.

Gunanya, dari pemilahan sampah maka volume sampah yang masuk ke lempat Pembuangan Akhir (IPA) akan berkurang.

Komitmen yang kuat dari pemerintah dan kemauan dari masyarakat inilah kunci penting dalam membangun kota, khususnya di bidang kebersihan. “Semoga ke depan pengelolaan sampah zero waste bukan sekadar mimpi,” timpal Rizal. (hms/nov)

Previous articleBenarkah Main Ponsel Saat Hujan Bisa Tersambar Petir?
Next articleDeklarasi “Guardian of the Forest” di Sekolah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.