Home Info Kota & Ekonomi Kampanye Peduli Inflasi, Bank Indonesia Libatkan 30 Sekolah

Kampanye Peduli Inflasi, Bank Indonesia Libatkan 30 Sekolah

1112
2

PROGRAM Sekolah Peduli Inflasi (SPI) yang sukses digelar sejak beberapa tahun lalu, berlanjut lagi tahun ini. Lebih terarah. Makin terorganisir. Dan menjangkau lebih banyak sasaran. Agenda yang membawa misi khusus menekan inflasi sejak dini inisiasi Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Balikpapan ini menggandeng tak kurang dari 30 sekolah SMA/SMK/Madrasah Aliyah dan Pesantren di Kota Minyak.

Bank Indonesia, yang menjadi bagian dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) didukung Pemkot Balikpapan, menggelontorkan total Rp 210 juta rupiah dalam bentuk bantuan langsung kepada sekolah-sekolah yang terlibat dalam program ini, dengan anggaran Rp 7 juta per sekolah untuk kegiatan pengadaan produksi cabe dan budidayanya.

Seremoni kegiatan dilakukan di Aula BI Balikpapan lantai 3, Minggu (20/3). Ratusan siswa dan guru perwakilan dari masing-masing sekolah hadir. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi juga ambil bagian dalam deklarasi yang salah satunya dengan penandatanganan komitmen bersama diwakili kepala sekolah masing-masing.

“Komitmen ini sederhana, tapi jika dilakukan bersama akan besar dampaknya. Bukan hanya memahami inflasi sejak dini, tapi juga membuka peluang entrepreneurship. Ini bekal yang baik untuk menghadapi pasar terbuka di era MEA,” kata Wali kota.

Diketahui, cabe dipilih bukan tanpa alasan, mengingat komoditas ini termasuk yang memberi andil besar terhadap tingginya inflasi di daerah karena 90 persen pasokan berasal dari luar.

Kepala KPw BI Balikpapan Suharman Tabrani menegaskan, tahun lalu program diawali dengan pembagian 10 ribu bibit cabe untuk semua kalangan.

“Tahun ini, kami fokuskan pada sekolah-sekolah agar pelaksanaannya lebih terorganisir karena bisa dipantau oleh guru, kepala sekolah, dan Dinas Pendidikan,’ sebut Suharman.

“Bl juga terus memantau dengan melakukan pendampingan, edukasi, dan survei ke sekolah-sekolah. Dalam waktu tiga bulan ke depan, sampai Juli, akan ada survey dan penilaian,” tambahnya.

Dalam kesempatan launching program tersebut, BI juga mewarnai acara dengan Seminar Kewirausahaan (berita terkait klik di sini) untuk melecut semangat dan membuka mindset para siswa. [hfd]

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 52 April 2016

Previous articleDeklarasi “Guardian of the Forest” di Sekolah
Next articleBudidaya Cabe Berbasis Organik dalam Polybag atau Pot

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.