Home Technology and Tips Enam Tips Jaga Uang Anda Ketika Travelling

Enam Tips Jaga Uang Anda Ketika Travelling

553
0

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sebelum pergi berlibur adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya, seperti mencari hotel terbaik, tempat makan serta pemandangan menarik yang dapat membuat rencana liburan Anda menjadi lebih sempurna.

Kendati demikian, liburan yang telah terencana sejak jauh-jauh hari dapat saja terganggu apabila Anda melupakan beberapa persiapan dasar. Mastercard pun memberikan beberapa tips yang dapat membantu menjaga uang yang Anda miliki agar tetap aman selama travelling, kemanapun Anda pergi!

1. Beritahu bank Anda sebelum travelling
Hubungi pihak bank untuk mengaktifkan kartu Anda agar dapat digunakan di luar negeri. Anda juga dapat menonaktifkan kartu Anda untuk penggunaan di luar negeri saat sudah kembali dari liburan.

2. Manfaatkan perlindungan yang ditawarkan
Gunakan kartu debit ataupun kartu kredit sebagai ganti dari uang tunai saat melakukan pembelian. Dengan kebijakan zero-liability dan transaksi yang tercatat, Anda akan terlindungi dari transaksi pembayaran yang tidak sah.

3. Periksa kembali daftar pembelian Anda
Periksa kembali catatan transaksi pembayaran Anda secara rutin selama Anda travelling. Akseslah transaksi pembayaran melalui mobile application yang dimiliki oleh bank penerbit kartu Anda atau melalui internet browser. Pastikan hal tersebut Anda lakukan hanya melalui jaringan WiFi pribadi.

4. Menyimpan nomor penting di kontak Anda
Simpanlah nomor-nomor telepon penting, baik lokal dan internasional, yang mudah dihubungi setiap saat. Ketika Anda harus melaporkan kehilangan atau pencurian, Anda tahu siapa yang harus dihubungi.

5. Tetap waspada
Pastikan Anda tetap waspada untuk setiap aktivitas yang mencurigakan atau perangkat yang tidak biasa di mesin ATM sebelum memasukkan kartu Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menutupi pin-pad dengan tangan Anda saat memasukkan kode pin ATM maupun informasi rahasia lainnya.

6. Lindungi diri Anda dengan password
Untuk memastikan informasi yang Anda miliki tetap aman, gunakan password untuk melindungi ponsel, tablet serta laptop Anda saat travelling. Anda juga dapat mengatur setiap perangkat Anda untuk auto-lock setelah beberapa menit tidak digunakan.

Hal tersebut dapat membantu untuk menjaga informasi transaksi pembayaran maupuninformasi penting lain yang berada dalam perangkat Anda agar tetap aman dan terlindungi.

Source : Marketeers.com

Previous articleIngin Menikah? Bicarakan Dulu 6 Hal Ini
Next articlePariwisata Indonesia Unjuk Gigi di Siberia, Rusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.