Home Lifestyle Waktu Terbaik untuk Buang Air Besar

Waktu Terbaik untuk Buang Air Besar

610
0

Apakah Anda memiliki jadwal teratur untuk buang air besar (BAB)? Jika ya, Anda beruntung. Sebab, ketidakteraturan BAB akan menyebabkan prosesnya tak tuntas. Alhasil Anda membutuhkan waktu lebih dari satu kali untuk BAB. Selain itu, perut terasa penuh membuat Anda tak nyaman dan gelisah.

Idealnya, Anda memang harus membuang kotoran dari perut setiap hari. Tahukah Anda kapan waktu terbaik untuk BAB?

Menurut Dr Kenneth Koch, Kepala Gastroenterologi di Wake Forest Baptist Medical Center seperti dikutip dari Women’s Health, waktu terbaik untuk buang air besar adalah di pagi hari. Koch menjelaskan bahwa BAB di pagi hari bertujuan untuk membuang sisa dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur.

Pencernaan sibuk mencerna makanan yang dikonsumsi malam hari dan proses pencernaan makanan yang terjadi di usus ini akan dilakukan saat tidur malam.

Kemudian sisa pencernaan akan dibuang pagi hari. Karena faktanya, tubuh siap mengeluarkan kotoran dalam 30 menit setelah bangun di pagi hari.

Namun, Koch menegaskan, yang terpenting dalam hal BAB bukan soal waktu melainkan keteraturan. Anda disarankan untuk membiasakan perut memberikan tanda tubuh untuk BAB di waktu yang sama setiap hari. Maka tidak jadi soal kalau Anda merasa lebih nyaman BAB di pagi, siang atau malam.

Dikutip Metro, Dr Kenneth Koch mengingatkan agar Anda tak terburu-buru saat BAB. Sebab, membangun rutinitas buang air besar akan membuat perut Anda terasa lebih lega dan juga membuat sistem pencernaan jadi lebih baik.

Lancar BAB di pagi hari
Kalau Anda sulit dan belum terbiasa buang air besar di pagi hari, ikuti cara berikut ini.

Menyeruput kopi
Melansir Huffington Post, kopi mengandung sejumlah kafein yang bersifat stimulan dan menyebabkan terjadinya pergerakan usus besar sehingga memicu rasa mulas.

Mengonsumsi air lemon hangat
Minum air lemon hangat setelah bangun tidur untuk membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan di pagi hari.

Sarapan
Koch juga mengingatkan Anda untuk tidak melewatkan waktu sarapan. Karena sarapan akan membantu dan mendorong Anda untuk BAB.

“Anda selalu beralasan tak punya waktu untuk sarapan. Tapi membiasakan sarapan yang tinggi serat ditemani secangkir kopi bisa membantu melancarkan BAB,” kata Koch.

Source : Beritagar.id

Previous articleTips Langsing dari Orang yang Berhasil Turunkan Bobotnya 45 Kg
Next articleInstagram Jadi Tambang Uang Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.