Home Lifestyle Mau Sukses Jualan Online? Pakai Semangat Bambu Runcing

Mau Sukses Jualan Online? Pakai Semangat Bambu Runcing

796
0

Menurut CEO Tokopedia William Tanuwijaya, jualan online tidak jauh berbeda dengan jualan offline. Spiritnya sama. Ketika jual produk online dan posting di marketplace, bukan berarti tidak akan laris atau sebaliknya. Untuk berhasil ada filosofinya, yaitu spirit bambu runcing.

“Spirit ini saya artikan seperti pejuang kemerdekaan dulu yang melawan penjajah cuma modal bambu runcing, tapi suatu saat mereka yakin Indonesia bisa merdeka. Spirit itu ada hasilnya, bukan,” ujar William di Marketeers Creativity Day di Galeri Indonesia WOW! di Jakarta pada Minggu (24/4/2016), di sesi The Big Bang Show bersama Andy Noya.

Ia kemudian membagi tiga filosofi bambu runcing tadi. Pertama penjual harus berani. Ada modal tidak ada modal harus jalan, karena modal itu bisa didapatkan dari mana saja. Sikap berani itu mengacu pada pemikiran bahwa masa lalu tidak bisa diubah, tapi masa depan bisa. Kedua adalah kegigihan.

“Ada penjual smartphone di Tokopedia. Ia punya toko offline di Roxy. Dengan pemikiran pendapatannya akan segitu-segitu saja jika jualan offline, maka ia pasang produknya di Tokopedia. Bayangkan, jualan pertamanya laku setelah 40 hari, itu pun handphone Nokia yang harganya ratusan ribu saja. Tapi, setelah itu si penjual banyak mendapatkan rekomendasi dari pembeli pertamanya itu dan sampai sekarang sukses dengan jualan ribuan smartphone,” kenang William.

Ketiga adalah harapan. Mimpi harus tetap jalan dan diwujudkan mau seperti apa pun omongan orang. Pengalaman pribadi William adalah ketika ada investor tidak yakin Tokopedia akan menjadi perusahaan digital sukses. Anggapan itu sempat membuat William merasa kecil hati. Tapi, ia bersikeras untuk maju dan membuat Tokopedia seperti sekarang ini.

Semangat menggunakan istilah sangat Indonesia itu adalah kesekian kalinya bagi William. Sebelumnya di kesempatan berbeda, ia menggunakan istilah komodo ketika Alibaba yang diasosiasikan buaya ekspansi ke Asia Tenggara lewat Lazada. William yakin sebagai komodo, Tokopedia bisa memenangi persaingan di ranah pasar lokal yang sudah sangat dikenal ini dan belum diketahui betul oleh pemain luar seperti Alibaba.

Source : Marketeers.com

Previous articleMulai Mei, Iklan di YouTube Wajib Ditonton
Next articleKalkulator Penghitung Usia Kebugaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.