Home Lifestyle 6 Fakta Unik Tentang Kopi

6 Fakta Unik Tentang Kopi

611
0

Minuman yang mungkin jadi konsumsi harian Anda ini ternyata memiliki banyak fakta menarik. Berikut 6 di antaranya yang disarikan dari berbagai sumber.

Dulu kopi dimakan, bukan diminum

Menurut sejumlah ahli sejarah, beberapa suku di Afrika mengonsumsi kopi dengan menggiling biji, menambahkan lemak hewan, dan menggulungnya menjadi kudapan penambah energi.

Kopi instan ada sejak 250 tahun silam

Kopi instan pertama kali muncul di Inggris pada 1771. 139 tahun kemudian, akhirnya diproduksi secara massal, dijual dan dipatenkan di Amerika pada 1910. Kala itu kopi instan ini disebut Red E Coffee. Diproduksi oleh orang Amerika keturunan Belgia, George Constant Louis Washington. Nescafe adalah kopi instan pertama yang sukses di pasar. Diluncurkan pada 1938.

Kopi minuman terlarang

Sejarah mencatat setidaknya pernah ada 5 upaya pelarangan terhadap kopi. Di Mekka pada 1511 karena diyakini menstimulasi pemikiran radikal. Pada abad ke-16, kopi dilabeli minuman setan di Italia. Selain itu juga di Konstantinopel, Swedia, dan Prussia.

Finlandia peminum kopi terbanyak

Walaupun Finlandia tidak memproduksi kopi, warganya adalah peminum kopi terbanyak di dunia. Rata-rata per orang minum 2,64 gelas per hari. Orang Finlandia mengonsumsi kopi setiap hari dalam berbagai kesempatan. Salah satu tradisinya adalah minum kopi sepulang dari gereja. Ditemani roti isi, roti, kukis dan kue.

Biji kopi modal Brazil ke Olimpiade

Pada 1932, Brazil tak mampu mengirim 69 atletnya ke Olimpiade di Los Angeles. Akhirnya mereka mengisi kapal dengan 50 ribu kantong kopi lalu menjualnya di berbagai pelabuhan dalam perjalanan menuju California.

Kopi membuat pria lemah

Pada 1674 ada petisi perempuan menentang kopi. Kopi diklaim sebagai penyebab para pria di Inggris menjadi loyo. Karena itu, petisi tersebut meminta pelarangan kopi untuk pria di bawah usia 60 tahun.

Sudahkah Anda minum kopi hari ini?

Source : Beritagar.id

Previous articleKram Saat Olahraga? Ini Penyebab dan Solusinya
Next articleTahun Cahaya: Satuan Waktu atau Jarak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.