Home News Tekan Laju Inflasi, Libatkan 30 Sekolah

Tekan Laju Inflasi, Libatkan 30 Sekolah

951
0

Pada Selasa (10/5) malam, @KotaBalikpapan — akun twitter yang dikelola oleh Discover Borneo (DB) — mengulas program Sekolah Peduli Inflasi yang diinisiasi oleh Bank Indonesia KPw Balikpapan.

Lalu, apa itu Sekolah Peduli Inflasi itu?

Sekolah Peduli Inflasi (SPI) adalah program pengendalian inflasi dengan memberdayakan siswa-siswi sekolah untuk melakukan budidaya cabai di sekolah. Seperti yang sudah diketahui, penyebab inflasi di kota Balikpapan adalah dari harga cabai. Permintaan warga yang banyak, tidak diimbangi dengan pasokannya yang terbatas. Maklum saja, produksi cabai rawit di Balikpapan belum banyak, sehingga pasokan masih tergantung dari daerah lain.

Program Sekolah Peduli Inflasi ini pun dicanangkan, untuk mewujudkan kemandirian masyarakat memenuhi kebutuhan cabai tersebut. Program tersebut diinisiasi oleh Bank Indonesia KPw Balikpapan bekerjasama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Dinas Pendidikan Kota Balikpapan.

Tahun ini, ada 30 SMA/SMK/MA di Kota Balikpapan yang terlibat dalam program Sekolah Peduli Inflasi, di antaranya MA Raadhiyatan Mardiyah, MA Negeri Balikpapan, SMA IT Al-Auliya, SMA Muhammadiyah 2, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMA Negeri 5, SMA Negeri 6, SMA Negeri 7, SMA Negeri 8, SMA Negeri 9, SMK Airlangga, SMK Duta Bangsa, SMK Harapan Bhakti, SMK Ibnu Khaldun, SMK Kartika, SMA PJHI, SMK Muhammadiyah 1, SMK Pancha Dharma, SMK Sinar Pancasila, SMK Syaichona Cholil, SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK Negeri 3, SMK Negeri 4, SMK Negeri 5, SMK Negeri 6 dan SMK Wirawisata.

Melalui program Sekolah Peduli Inflasi ini siswa-siswi didorong menjadi agen perubahan, mengajak masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk ikut menanam cabai. Mereka juga dibekali dan diperkenalkan dengan konsep pengendalian inflasi daerah. Ke-30 peserta Sekolah Peduli Inflasi ini telah mengikuti Pelatihan Budidaya Cabai, dibantu sarana dan produksi. Perwakilan dari Sekolah Peduli Inflasi juga telah dibekali “ilmu” kewirausahaan dengan mentor dari Wirausaha Muda Mandiri.

Sekolah Peduli Inflasi tidak berhenti di budidaya cabai. SPI juga mengajarkan siswa-siswi tentang kepedulian, tanggung jawab, coordination & team work dan kesabaran. [*]

Previous article3 Jurus Menpar Majukan Pariwisata Indonesia
Next articleResmi, Aplikasi WhatsApp Bisa Digunakan di PC dan Mac

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.