Home Lifestyle Manfaat Ban Tapak Lebar pada Sepeda Motor

Manfaat Ban Tapak Lebar pada Sepeda Motor

1069
0

Salah satu faktor yang memengaruhi kemampuan bermanuver para pengendara saat menunggangi motor adalah penggunaan jenis ban. Ban dengan tapak lebar yang digunakan pada sepeda motor dapat memberikan pengalaman bekendara yang lebih stabil.

Tak hanya membuat berkendara lebih stabil, penggunaan ban yang memiliki ukuran di atas rata-rata ban motor pada umumnya ini–dengan ukuran 80/90 atau 90-90–juga memberikan manfaat lain yang dapat dirasakan langsung oleh penggunanya.

Mampu meredam guncangan jalan dengan maksimal

Penggunaan ban bertapak lebar dapat meredam guncangan saat pengendara melintasi jalan yang bergelombang atau jalan berlubang. Hal ini disebabkan oleh ruang lebih besar yang terdapat pada ban tapak lebar untuk menapak ke aspal, sehingga mampu meredam benturan keras lebih baik.

Memiliki keseimbangan yang baik

Ban tapak lebar membuat pengendalian motor lebih stabil dan daya cengkram ke aspal lebih kuat. Ini disebabkan oleh karet ban yang lebih banyak menyentuh aspal sehingga motor lebih mudah dikendalikan. Selain itu, ban ini mampu memberikan kenyamanan lebih dari sisi kestabilan saat menikung. Alasan ini yang membuat para pemilik sepeda motor jenis apapun untuk menambah ukuran tapak ban.

Terlihat lebih gagah

Dari segi tampilan, tapak lebar membuat penampilan lebih gagah, dan gaya. Pengguna ban bertapak lebar akan dirasa lebih aman karena secara visual akan lebih dapat dilihat oleh pengendara lain yang berada di belakang.

Lebih aman jika kena ranjau paku

Dengan ukuran lebih tebal, ban bertapak lebar memberikan rasa aman jika sepeda motor Anda terkena ranjau paku. Ditambah lagi, ban dengan jenis ini biasanya tidak menggunakan ban dalam atau yang disebut tubeless, sehingga tekanan angin tak langsung habis jika paku baru tertancap di ban motor Anda.

Namun yang harus dipertimbangkan adalah ukuran maksimal yang bisa diaplikasikan agar tidak membebani sepeda motor. Penggunaan ban yang tepat harus Anda konsultasikan dengan pihak bengkel resmi atau pakar otomotif roda dua terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar sepeda motor tetap aman dan nyaman dikendarai.

Source : Beritagar.id

Previous articleAlasan Ilmiah Dibalik Kebencian Terhadap Hari Senin
Next articleVoluntourism, Gaya Baru Untuk Traveling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.