Home News Cadio Tarompo & Eksotika Dayak di Atas Kanvas

Cadio Tarompo & Eksotika Dayak di Atas Kanvas

1585
0

PERNAH tiga tahun mengadu nasib dengan bertahan di emperan jalan untuk memperkenalkan karya lukisnya, pria bernama asli Ariyadi ini perlahan sukses menapak karir sebagai salah satu pelukis andal di Balikpapan.

Karakter yang kuat pada lukisan membawa pria asal Sulawesi Selatan ini cukup dikenal di skala nasional. Beberapa kali ia juga ambil bagian dalam pameran bergengsi di luar negeri. Konsistensi adalah kunci. Dari jalanan, pada 1993, Cadio makin percaya diri untuk mulai aktif mengikuti pameran lukisan. Ia kemudian ikut menginisiasi lahirnya komunitas Lipan (Lamin Seni Rupa Balikpapan).

Cadio senang menunjukkan eksotika Dayak di banyak lukisannya. Hal itu memunculkan karakter yang khas. Beberapa karyanya seperti “Di Atas Panggung Manuntung” dan “Potensi”.

Diuraikan Cadio, lukisan berjudul Potensi ia ikutkan dalam kontes bertema “Spirit Membangun Negeri”. “Saya melukis objek seorang lelaki paruh baya mengenakan aksesori khas Dayak. Banyak yang menyukai guratan detail pada beberapa bagian karena menguatkan karakternya” papar Cadio.

Kekuatan lukisan itu bukan hanya karena guratan jelas pada dahi, seputar mata, pipi, dan leher yang tampak begitu nyata pada objek lukisan. Karya Cadio juga menonjol karena penampakan bahkan hingga detail pori-pori di sekujur wajah objek lukisan, hingga manik-manik pada topi khas Dayak Kenyah yang dikenakannya.

Kekuatan karakter dan detail dari lukisan berjudul ‘Potensi’ ini mengantar karya Cadio sebagai 10 karya favorit di penghargaan Mandiri Art Award 2015. Ajang itu diikuti 1.013 perupa Indonesia dengan 1.075 lukisannya. [hfd]

ARIYADI ALIAS CADIO TAROMPO
TTL : Bone, 27 Juli 1971
ALAMAT : Jl. P. Antasari, Gg. Kesatuan RT. 55 No. 37 Gn. Kawi. Sumber Rejo Balikpapan
Telp : 08125828856 | e-mail : cadiotarompo@gmail.com | website : www.cadiotarompo.blogspot.com

PENGHARGAAN :
1. 1995, Juara I Lomba Lukis Model se Kaltim
2. 2008, Finalis Jakarta Art Award.
3. 2010, Finalis Indonesia Art Award.
4. 2011, Finalis OUB Buana Painting Of The Year 2011
5. 2015, Finalis Mandiri Art Award 2015 (10 Besar)

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 53 Mei 2016

Previous articleAntusiasme Siswa di Sekolah Peduli Inflasi
Next articleRamahnya Direksi dan GM Blue Sky Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.