Home Entertainment Hal Menakjubkan di Tubuh Manusia (2 – habis)

Hal Menakjubkan di Tubuh Manusia (2 – habis)

950
0

DALAM tubuh kita, begitu banyak hal menakjubkan dan ajaib. Science and Technology Studies merilis beberapa di antaranya. Artikel ini kelanjutan dari edisi sebelumnya yang membahas antara lain ratusan juta sel dalam tubuh mati setiap hari, namun triliunan sel baru tumbuh. Juga ,kekuatan rambut, kuku, dan banyak lagi.

MELEWATI BATAS KECEPATAN
Tubuh manusia tidak dapat bergerak secepat macan. Tetapi manusia bisa melebihi kecepatan 160 km per jam saat bersin. Ketika kita bersin, kita mengeluarkan udara dari hidung dan mulut dengan kecepatan 160 km per jam. Saat bersin bisa dikatakan tubuh “me-restart” diri untuk sesaat.

Ingatlah, saat bersin, jangan ditahan. Akibatnya bisa menyebabkan patah tulang hidung, mimisan, pecah gendang telinga, gangguan pendengaran, dan banyak hal buruk lain.

Alasannya, karena memaksakan untuk menahan kecepatan bersin yang sangat tinggi.

CETAKAN LIDAH YANG BERBEDA
Seperti sidik jari, lidah manusia juga unik adanya. Bisa dijulurkan keluar, melindungi mulut dari tertelan benda tertentu, dan tidak bisa ditiru struktur permukaannya. Tekstur geometris yang ada di permukaan lidah, semua berbeda pada setiap orang. Permukaan lidah juga bisa juga dipakai untuk mengidentifikasi seseorang.

TUBUH YANG SELALU PANAS
Tubuh manusia adalah sebuah mesin produksi energi yang besar. Ketika melihat tubuh menggunakan infra merah, yang terlihat adalah pancaran panas keluar dari tubuh manusia. Panas yang dihasilkan oleh tubuh, membantu manusia untuk tetap hidup.
Faktanya, tubuh manusia dapat menghasilkan panas hanya dalam waktu 30 menit, dimana hasilnya panas tersebut dapat membuat setengah galon air mendidih.

Yang terlihat memang tidak seperti ketika memasak air hanya dalam waktu beberapa menit di atas kompor, namun ingatlah; panas tersebut terus ada meski kita tidak melakukan apa-apa. Setiap hari, panas dalam tubuh membuat kita tetap hidup.

KAKI, ‘PELABUHAN’ ORGAN-ORGAN PENTING
Kulit di telapak tangan dan kaki memiliki ketebalan lebih kurang 4 mm. Kulit kaki merupakan kulit paling tebal dari seluruh kulit di tubuh manusia. Selain itu, ada banyak kelenjar dari berbagai organ penting yang berlabuh di kaki. Pantas saja ahli refleksi bisa tahu jenis penyakit hanya dari pijatan di bagian kaki.

USUS BUNTU JUGA BERGUNA
Tidak ada yang tidak berguna. Usus buntu ada dalam tubuh salah satu manfaatnya adalah rumah bagi bakteri menguntungkan yang dibutuhkan usus untuk membantu proses pencernaan. Saat kita diare, isi perut biasanya terkuras keluar. Usus buntu inilah yang menjadi tempat bernaung bakteri menguntungkan agar tidak ikut keluar dari tubuh.

TUBUH LEBIH TINGGI SAAT PAGI HARI
Pada pagi hari, tubuh manusia rata-rata lebih tinggi setengah inci daripada malam. Ini terjadi berkat kelebihan cairan dalam tubuh di antara tulang belakang, yang biasanya ‘terisi’ selagi kita tidur. Begitu hari lewat, saat tubuh beraktivitas, cairan di area tulang belakang ini merembes keluar sehingga tubuh jadi menyusut dan lebih pendek.[int]

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 53 Mei 2016

Previous articleWisata Petualangan Beresiko Tinggi
Next articleSukses di Balikpapan Borneo Travel Mart

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.