Home Entertainment 5 Masjid Tercantik di Dunia

5 Masjid Tercantik di Dunia

1895
0

Tak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah, desain dan keunikan masjid juga dapat jadi daya tarik bagi wisatawan. Di Indonesia, misalnya, kita tentu telah mengenal nama-nama masjid yang cukup terkenal, seperti Masjid Istiqlal di Jakarta, Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri di Depok, serta Masjid Islamic Centre Samarinda.

Di negara lain, ada juga beberapa masjid yang disebut Telegraph sebagai masjid tercantik di dunia, berikut ini 5 di antaranya:

Masjid Biru, Turki

Masjid Sultan Ahmed adalah sebuah masjid di Istanbul, Turki. Rumah ibadah ini juga dikenal dengan nama Masjid Biru karena pada zaman dahulu, warna biru mendominasi interiornya.

Masjid yang dibangun antara 1609 dan 1616 ini memiliki lima kubah utama, enam menara, dan delapan kubah sekunder. Keindahan masjid ini bisa dilihat dari arsitektur, menara, dan interiornya.

Di bagian dalam masjid, pengunjung akan melihat hiasan mozaik warna-warni, hiasan kaligrafi, lampu raksasa berwarna keemasan, dan beralaskan karpet merah dengan corak bunga.

Dekorasi yang cukup mencolok di masjid ini ialah ubin keramik buatan tangan dari kota Iznik dan untaian telur burung unta yang berfungsi untuk menghindari jaring laba-laba di dalam masjid.

Enam menara yang bentuknya mirip pensil berdiri kokoh di sudut Masjid Biru, masing-masing menara memiliki dua sampai tiga balkon. Menara ini biasa digunakan muazin untuk mengumandangkan azan.

Masjid Ahmad Ibnu Tulun, Mesir

Masjid Ibnu Tulun atau Masjid al-Maydan adalah rumah ibadah yang berada di Kairo, Mesir, yang yang dibangun pada 876-879 di masa pemerintahan Ahmad Ibnu Tulun.

Masjid yang usanya sudah ratusan ini masih terawat dengan cukup baik dan menjadi salah satu peninggalan masa kejayaan islam di Mesir. Masjid Ahmad Ibnu Tulun juga merupakan masjid tertua kedua di Mesir setelah Masjid Amr Bin Ash.

Bila diperhatikan, Masjid Ahmad Ibnu Tulun ini dari segi arsitekturnya mirip dengan Masjid Samarra di Irak, yaitu bentuknya yang menyerupai spiral.

Secara keseluruhan, masjid dibangun menggunakan bata merah yang dipercantik dengan ukiran lapisan plester semen yang berliku-liku, bagian atapnya ditopang oleh pilar-pilar besar.

Bagian dindingnya dihiasi dengan ukiran plester semen dan kayu serta mozaik kaca. Pada bagian atas mihrab, terdapat pahatan dua kalimat syahadat menggunakan gaya tulisan kaligrafi Kufi.

Al-Masjid al-Haram, Arab Saudi

Masjidil Haram adalah sebuah masjid di kota Mekkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid terbesar di dunia ini merupakan tujuan bagi mereka yang menjalankan ibadah haji ini dibangun mengelilingi Kakbah.

Di dalam kawasan masjid ini, ada beberapa titik yang jadi pusat perhatian pengunjung. Pertama ada Kakbah, bangunan berbentuk kubus yang merupakan salah satu situs paling suci dalam Islam dan jadi patokan arah salat bagi semua umat muslim di dunia.

Lalu, ada hajar aswad, sebuah batu yang diyakini berasal dari surga. Batu ini memiliki aroma yang unik sejak awal keberadaannya. Orang-orang yang ke Masjidil Haram rela mengantre demi bisa mencium hajar aswad karena merupakan sunah Nabi Muhammad SAW.

Ada juga Makam Ibrahim, tempat pijakan Nabi Ibrahim waktu membangun Kakbah, juga ada Shofa dan Marwah yang merupakan dua bukit yang terletak di Masjidil Haram.

Masjid Nabawi, Arab Saudi

Masjid Nabawi di Kota Madina, Arab Saudi, adalah masjid kedua yang dibangun dalam sejarah Islam dan salah satu masjid terbesar di dunia. Ini adalah situs kedua paling suci dalam Islam, setelah al-Masjid al-Haram di Mekkah.

Di tengah Masjid Nabawi, pengunjung dapat melihat makam Nabi Muhammad yang ditutup dan dibatasi oleh pagar yang tinggi serta berhiaskan kaligrafi-kaligrafi.

Lalu, ada Raudhah, yang disebut-sebut sebagai taman surga. Raudhah bukanlah benar-benar sebuah taman, hanya lantai berlapiskan karpet hijau seluas 144 meter persegi, berbeda dengan karpet Nabawi yang seluruhnya berwarna merah.

Masjid Badshahi

Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan merupakan masjid dan sebagai landmark serta tujuan wisata utama kota Lahore.Dari segi arsitektur, masjid ini mirip dengan Masjid Jama di India.

Rancangan masjid tersebut terinspirasi oleh seni Islami, Persia, Asia tengah dan sentuhan India. Di dalam masjid, Anda bisa melihat tangga menuju ruang salah yang menggunakan pualam warna-warni, tujuh ruangan untuk salat, serta dinding-dinding yang berhiaskan lukisan dan batu pualam.

Source : Beritagar.id

Previous articleDandito Ajak 150 Anak Yatim Buka Puasa Bersama
Next articleArtis, Atlet, Gubernur, sampai Dr Boyke

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.