Home Entertainment Fakta Tentang Lidah Manusia dan Fakta Lainnya

Fakta Tentang Lidah Manusia dan Fakta Lainnya

1408
0

Lidah adalah organ vital manusia yang berfungsi untuk mengecap atau merasakan makanan. Jika lidah tidak berfungsi dengan baik, akan jadi masalah karena tidak bisa merasakan yang masuk ke mulut. Inilah beberapa fakta lidah.

PENYEBAB BAU MULUT

Bau mulut bukan berasal dari sisa makanan pada gigi. Sekira 70% penyebab bau mulut justru berasal dari lidah. Lidah yang jarang dibersihkan membuat sisa makanan menumpuk, menyebabkan warna kuning pada lidah, dan membuat mulut bau.

PENYEBAB MENDENGKUR

Mendengkur adalah gangguan tidur. Orang mendengkur biasanya karena kelelahan. Namun, lidah juga memengaruhi seseorang mendengkur. Orang yang memiliki lidah tebal biasanya mudah mendengkur. Ini karena lidah tebal menghalangi jalan napas di tenggorokan. Ini biasa terjadi pada orang bertubuh gemuk atau obesitas.

INDIKATOR KESEHATAN

Warna asli lidah yang normal adalah merah muda. Jika lidah berubah warna, bisa jadi masalah kesehatan dalam tubuh. Jika permukaan lidah putih, bisa jadi kita terserang virus tifus atau flu dan batuk. Warna lidah yang pucat adalah indikasi kekurangan mineral esensial serta vitamin B12.

Jika lidah berwarna merah tua ditambah bengkak dan tidak nyaman, bisa jadi terkena radang tenggorokan. Itulah dokter sering meminta kita menjulurkan lidah saat diperiksa.

FAKTA LAINNYA

– Kentang tidak hanya cocok buat camilan ringan, tapi juga mampu memberi energi untuk menambah stamina, bermanfaat sebagai obat, sekaligus pencegah penyakit otak dan ginjal. Kandungan magnesium di dalamnya mencegah penyumbatan ginjal dan kandungan zat besi serta tembaganya mampu menutrisi otak lebih baik.

– Orang di Indonesia dengan nama tersingkat di dunia, yaitu N dan . (tanda baca titik). Keduanya adalah saudara kandung. Anak pasangan Ali Mas’ud dan Kismawati, warga Jepara.

– Kucing merespon saat dipanggil ‘pus’ lebih karena kebiasaan yang sudah akrab di telinga si kucing. Dengan kebiasan orang memanggil ‘pus’ terus-menerus, apalagi saat memberi makan, maka kucing mengira suara ‘pus’ adalah makan. Kucing senang sekali makan. Panggilan untuknya jika bukan bermain, sering diharapkan pemberian makan. Reaksi kucing atas kebiasaan relatif mengikuti panggilan tuannya sesuai nama yang diberi. Termasuk, mungkin, jika kucing sejak kecil dibiasakan panggilan “bro”.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 54 Juni 2016

Previous articleLanskap Laut Terbaik di Dunia
Next articleHotel Blue Sky Siapkan 150 Menu dan Paket Serba Hemat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.