Home Leisure Bangga Mengantar Balikpapan Menjadi The Most Loveable City | @EHBalikpapan

Bangga Mengantar Balikpapan Menjadi The Most Loveable City | @EHBalikpapan

997
0

Apa saja akun social media Earth Hour Balikpapan? Apa visi misinya?

Kami mengelola Twitter @EHBalikpapan yang dibuat awal 2013 sebagai akun komunitas Earth Hour Balikpapan. Akun ini difungsikan sebagai akun komunitas, dengan aktivitas seperti kultweet, tweetalk, info tweet, tweetpic, serta update kegiatan kampanye dan lainnya. Visi misinya, mengedukasi masyarakat, khususnya pegiat dunia maya untuk menyebarkan “virus positif” gaya hidup sehat dan hemat energi.

Lalu, Instagram @ehbalikpapan dibuat awal 2015. Serupa dengan Twitter, akun Instagram juga akun komunitas yang menitikberatkan pada info visual, seperti infografis, e-poster, meme dan foto-foto berkualitas kegiatan kampanye Earth Hour Balikpapan.

Akun Instagram ke dua yang kami kelola adalah welovebalikpapan_ . Akun ini baru didirikan akhir April 2016 sebagai akun resmi kampanye #WeLoveBalikpapan, yang diisi oleh gabungan relawan dari berbagai macam komunitas dan akun sosial Kota Balikpapan. Tujuannya, membagikan informasi kegiatan kampanye #WeLoveBalikpapan dan informasi umum Kota Balikpapan. Akun ini ditujukan sebagai pemersatu berbagai macam komunitas dan pendukung kampanye #WeLoveBalikpapan, agar Balikpapan kembali memenangkan penghargaan Kota Paling Dicintai se-Dunia, yang sudah pernah dimenangkan 2015 lalu dengan koordinator tama akun @EHBalikpapan dan akun @KotaBalikpapan.

Segmentasi kami menyasar pelajar SMP sampai masyarakat umum pengguna social media.

EH logo

Siapa pendirinya? Berapa adminnya, dan bagaimana tugasnya?

Akun Twitter dan Instagram @EHBalikpapan dikelola 3 orang, dikoordinatori oleh Aisyah Noor Fadilah (@dhielasyah). Sementara Instagram welovebalikpapan_ didirikan Aisyah, dengan penanggung jawab Jessie Normansyah (@_kajess) sementara adminnya adalah Jay.

Pembagian tugasnya flexible, sesuai ketersediaan waktu masing-masing admin. Poin utama postingan kami seperti gambar, pembuatan caption, desain poster elektronik, repost, pencarian materi dan pemantauan evaluasi dan koordinasi (Instagram tracker).

Tugas lainnya, pengelolaan akun Instagram welovebalikpapan_, dipegang oleh 3 orang dengan tugas upload dan desain oleh Jessie, upload dan repost/regram oleh Aisyah dan backup kedua admin tersebut oleh Jay.

Bagaimana suka duka mengelola akun? Apa pencapaiannya?

Salah satu hal paling berkesan bagi kami adalah saat saling kejar-mengejar deadline untuk posting kegiatan kampanye, infografis dan lain-lain dalam kegiatan kampanye #WeLoveBalikpapan.

Akun kami berpusat pada arahan dari Earth Hour nasional, jadi, begitu ada bahasan tematik, harus diposting secara berkala. Postingnya pun diatur waktunya agar bersamaan dengan akun Earth Hour kota lainnya. Selebihnya adalah konten lokal, dipersiapkan sendiri oleh tim multimedia kami.

Kesulitannya ada pada deadline, karena kami masih kekurangan SDM khususnya bidang disain dan dokumentasi.

Untuk pencapaian, akun @EHBalikpapan menjadi akun komunitas penggerak bersama akun @KotaBalikpapan dalam menginisiasi kampanye #WeLoveBalikpapan padsa 2015 lalu. Kami bangga bisa mengantar Balikpapan menjadi juara sebagai Kota Paling Dicintai se-Dunia mengalahkan Paris.

Sementara akun Instagram kami, welovebalikpapan_ berhasil mendapat 1.000 followers dalam waktu satu bulan. Akun ini akhirnya menjadi akun resmi kampanye #WeLoveBalikpapan tahun 2016. Selain itu, kami ikut menginisiasi beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Balikpapan untuk membuat akun social media mereka sendiri, terutama Instagram.

PERAN AKTIF : Relawan Earth Hour bersama komunitas menggaungkan kampanye #WeLoveBalikpapan.
PERAN AKTIF : Relawan Earth Hour bersama komunitas menggaungkan kampanye #WeLoveBalikpapan.

Apakah akun ini menerima kerjasama?

Kami tidak menerima kerjasama berbayar, karena akun ini fokus pada kampanye lingkungan dan sosial di Balikpapan.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi 55 Juli 2016

Previous articleDari “Melampaui”, Berganti Jadi “Membahagiakan” | @Discover_Bpn
Next articleCepat Dapat Informasi, Cepat Pula Tertanggulangi | @FireFighterBpn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.