Home Technology and Tips Tips Jitu Jago Berbahasa Inggris

Tips Jitu Jago Berbahasa Inggris

655
0

Menguasai bahasa asing khususnya Bahasa Inggris sudah menjadi kewajiban di era globalisasi seperti saat ini. Tentu saja agar kita sebagai manusia tidak tertinggal dengan kemajuan zaman. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, di mana ketika kita ingin berkomunikasi dengan orang dari negara lain Bahasa Inggris inilah yang digunakan. Di Indonesia sendiri Bahasa Inggris sudah menjadi mata pelajaran wajib. Bahkan sekarang penggunaan dan pembelajarannya sudah dimulai sejak dini. Karena bukan bahasa Ibu, tidak sedikit di antara kita yang kesulitan mempelajarinya. Kerumitan struktur hingga kekayaan kosa kata semakin menambah tingkat kesulitan saat mempelajari Bahasa Inggris ini. Lantas adakah cara mudah untuk menguasai Bahasa Inggris? Ternyata Ada! Dan berikut ini adalah beberapa tips jitu agar bisa menguasai Bahasa Inggris dengan cepat.

1. Lima Cara Jitu Menguasai Bahasa Inggris ala Mawalu

Belajar bahasa Inggris sebenarnya tidak begitu sulit. Asalkan ada niat, semua bisa dipelajari dengan mudah. Itulah yang dikatakan Mawalu. Memang benar, dengan sedikit kreativitas kita bisa mempelajari bahasa Inggris dengan mudah. Dan berikut ini adalah beberapa tips jitu dari Mawalu untuk menguasai Bahasa Inggris; Pertama, hafal lima kata per hari.

Pertama ini memang cukup mudah dan efektif. Bayangkan jika Anda bisa menghafal lima kata dalam satu hari, berapa kata yang bisa Anda hafalkan dalam jangka waktu beberapa bulan. Ini bisa membantu Anda memperbanyak vocabulary yang Anda miliki.

Kedua, nonton film barat di TV. Cara ini bisa Anda lakukan sekaligus menyalurkan hobi. cara ini bisa menjadi cara paling cepat karena kita harus melihat langsung native speakernya berbicara. Juga dengan adanya subtitle yang bisa membantu Anda semakin cepat memahami Bahasa Inggris.

Ketiga, sering baca novel bahasa Inggris. Sekalipun baru sedikit menguasai kosa kata, cobalah untuk membaca novel atau buku Bahasa Inggris sampai selesai. Dengan demikian alur dan struktur kalimat bisa terekam secara otomatis dalam ingatan Anda.

Keempat, latihan bicara di depan cermin. Ini bisa Anda lakukan untuk melatih kepercayaan diri Anda.

Kelima, bicara dengan orang asing. Ini juga bisa menjadi cara yang cepat untuk menguasai bahasa Inggris. Yang paling penting, jangan takut salah bicara.

2. 7 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Ala Bryan! Menjadi Kamus Bagi Diri Sendiri!

Bahasa Inggris memang memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda untuk dipelajari. Apalagi ketika berbicara soal struktur, tenses, dll. Namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa mempermudah pembelajaran. Bryan E.C.H. mengatakan setidaknya ada 7 cara yang bisa mempermudah pembelajaran bahasa Inggris.

Pertama, siapkan niat kuat dan target. Untuk melakukan apapun, hal paling penting yang harus disiapkan adalah niat. Kemudian target, apa target yang ingin dicapai dari belajar Bahasa Inggris?.

Kedua, tingkatkan pemahaman kosa kata lewat kamus, buku dan film. Anda bisa mencari buku sesuai minat Anda tapi yang berbahasa Inggris. Atau Anda bisa menonton film kesukaan Anda dengan subtitle Bahasa Inggris. Ini bisa mempercepat pemahaman Anda.

Ketiga, dengarkan lagu barat sambil membaca liriknya. Anda suka lagu bahasa Inggris? cobalah mendengarkan lagu itu sambil membaca dan menerjemahkan liriknya. Sedikit demi sedikit cara ini bisa membantu Anda berbicara lebih lancar.

Keempat, praktikkan. Jika tiga tips sebelumnya sudah Anda lakukan maka sebaiknya Anda coba berbicara bahasa Inggris pada orang lain. Tapi tentu Anda harus berbicara dengan orang yang juga paham Bahasa Inggris agar ada yang bisa mengoreksi ketika Anda salah berbicara.

Kelima, coba menulis dengan Bahasa Inggris. Anda bisa melakukan ini jika sudah merasa cukup menguasai empat tips sebelumnya. Dalam tahapan ini jangan hiraukan grammar, tenses, dll. Coba saja tulis apa yang ingin Anda utarakan.

Keenam, lakukan secara rutin tips-tips di atas. Jika sudah rutin maka Anda akan terbiasa.

Ketujuh, mulailah pelajari grammar, tenses, dll. Jika sudah percaya diri, maka Anda bisa mulai pelajari struktur kalimat yang lebih tepat. Tentu saja agar Bahasa Inggris Anda lebih berkualitas.

3. Sebelum Belajar Bahasa Inggris, Tak ada Salahnya Ikut Tes Dulu

Sebuah artikel menarik ditulis oleh Boris Toka Pelawi. Menurutnya tidak ada salahnya ketika kita akan belajar Bahasa Inggris, kita lebih dulu mengikuti tes kemampuan. Boris menceritakan pengalamannya ketika ia mengikuti tes kemampuan Bahasa Inggris. Dari hasil tes tersebut skor grammar yang ia dapat sangat rendah. Dari hasil tes inilah bisa terlihat poin mana yang harus kita pelajari lebih dalam untuk menguasai Bahasa Inggris. Memang dengan cara ini kita bisa menyesuaikan materi apa saja yang akan kita pelajari. Misalnya ketika nilai writting dan reading kita tinggi sedangkan grammar kita rendah, maka materi struktur kalimat lah yang harus kita pelajari lebih jauh lagi.

4. Belajar Bahasa Inggris Perlu Niat dan Nyali

Belajar Bahasa Inggris itu gampang-gampang susah, kadang membosankan tapi tak jarang sangat mengasyikkan. Itulah yang dikatakan Michael Sendow dalam sebuah ulasannya. Tapi yang paling penting adalah nyali untuk belajar bahasa Inggris. Ya, punya niat saja menurut Michael tidak cukup. Harus ada nyali yang bisa membuat kita berani berlatih dan berbicara. Jangan pernah takut salah ketika belajar, pasalnya di Amerika sendiri masih banyak dijumpai native American yang berbicara tanpa struktur yang baik.

Agar bisa belajar dengan lebih baik, ada beberapa tips yang diberikan Michael;

Pertama bicara, baca, tulis dan menyanyilah dalam bahasa Inggris. Dengan begitu sedikit demi sedikit kemampuan bahasa Inggris kita akan terlatih. Di samping itu juga jika ini terus dilakukan maka akan begitu banyak vocabulary atau kosa kata baru yang kita kuasai.

Kedua, bersosialisasi dengan orang yang berbahasa Inggris. Tentu saja ini harus dilakukan agar bisa mendengar dan mempelajari dengan jelas cara mereka berbicara, berucap dan berkata. Tangkap apa saja kata-kata yang bisa Anda pahami dengan cepat.

Ketiga, dengarkan lagu dan menonton film berbahasa Inggris. Biasanya dengan menyanyi kita bisa mengucapkan lirik lagu yang kita nyanyikan. Ini juga merupakan saran berlatih yang sangat efektif. Khusus untuk film, cobalah dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris.

Keempat, biasakan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Komunikasi tentu banyak caranya seperti bisa melalui chatting, email, dll. Nah mulai sekarang lakukan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Kelima, paksakan diri untuk terus berbicara menggunakan bahasa Inggris. Ingat, jika kita tidak pernah memulai untuk bicara maka Anda tidak akan pernah bicara selamanya. Maka dari itu paksakan diri untuk berbicara dengan Bahasa Inggris meski hanya hal-hal kecil.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan agar lebih menguasai Bahasa Inggris. Jika Anda ingin berbagi tips lainnya, Anda bisa menyematkan label : Bahasa Inggris pada artikel Anda. Atau ingin melihat tips-tips lainnya? Anda juga bisa melihat artikel-artikel ini pada Topik Pilihan berikut ini. Selamat mencoba! (YUD)

Source : Kompasiana

Previous articleOrang yang Rutin Berolahraga Memiliki Volume Otak yang Lebih besar
Next articleIni Akibatnya Jika Orangtua Sering Berteriak pada Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.