Home Lifestyle Seberapa Banyak Garam Boleh Ditambahkan pada Makanan Anak ?

Seberapa Banyak Garam Boleh Ditambahkan pada Makanan Anak ?

609
0

Garam bisa memberi rasa gurih pada makanan termasuk makanan anak. Tetapi apakah aman makanan anak diberi garam?

Asupan garam yang berlebih identik dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi. Menurut American Heart Association dan kelompok lain merekomendasikan bahwa anak-anak perlu membatasi asupan natrium yaitu sekitar 1.500 – 2.300 mg per hari (satu sendok teh garam mengandung sekitar 2.300 mg natrium).

Di Amerika, anak-anak biasanya mendapatkan asupan garam dari konsumsi makanan olahan dan juga makanan restoran dengan sumbangan sekitar 77 persen.

“Tantangannya adalah mengontrol kadar natrium dalam batas normal. Kecuali kita memasaknya sendiri dari awal,” tutur Dr William Dietz, selaku Ketua Sumner M. Redstone Global Center for Prevention and Wellness di George Washington University.

Orangtua baik ibu atau ayah harus membaca label nutrisi dan menjadi sadar akan jumlah makanan yang mengandung natrium.

Dilansir dalam well.blogs.nytimes (12/08), menambahkan sejumput garam pada makanan dapat menjadi cara yang baik. “Garam merupakan bumbu yang banyak dipakai dalam banyak masakan di dunia. Sayuran seperti brokoli dan kembang kol memiliki rasa agak pahit dan garam dapat membuat makanan memiliki rasa yang lebih baik,” jelas Julie Mennella, seorang biopsychologist di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia.

Studi menunjukkan bahwa setelah anak mengasosiasikan rasa sayuran dengan racikan yang lebih menarik dengan penambahan topping gurih atau cheesey selera makan mereka akan terlatih. Mereka tetap menyukai sayuran walaupun tak menggunakan topping.

Yang terpenting adalah bagaimana kita mengekspos anak-anak untuk menikmati makanan sehat. Dengan pemberian yang sering, semakin cepat mereka akan belajar untuk menyukainya.

Jadi penambahan sedikit garam dapat membantu menghasilkan rasa yang makanan sehat yang enak. Anda juga dapat menambahkan beberapa rempah dan bumbu seperti bawang putih, lemon, jahe dan tomat untuk menghasilkan rasa makanan yang gurih walaupun hanya ditambahkan sedikit garam.

Source : detikfood
Link Gambar : www.harnas.co

Previous articleBerapa Banyak Tidur yang Kita Perlukan
Next article3 Faktor Menjadi Pengusaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.