Home Lifestyle Hal-hal Ini Bikin Kita Jadi Pelupa

Hal-hal Ini Bikin Kita Jadi Pelupa

744
0

Dari kurang tidur hingga gangguan media sosial, inilah hal-hal yang bisa menyebabkan kita jadi pelupa.

Gangguan memori jangka pendek, seperti lupa nama seseorang atau lupa meletakkan kunci mobil, mungkin sering kita alami. Kabar baiknya, penyebab gangguan memori tersebut bisa kita atasi dengan mudah.

Ketahui apa saja penyebabnya dan perbaiki gaya hidup untuk menjaga daya ingat senantiasa prima.

1. Kurang tidur

Cukup tidur setiap malam adalah rahasia memiliki ingatan yang tajam. Dalam sebuah penelitian tahun 2015 disimpulkan, pria yang hanya tidur 4 jam setiap malam, cenderung mengalami gangguan daya ingat saat berada dalam situasi stres.

2. Sifat pencemas

Ketika Anda sedang mengkhawatirkan banyak hal, dan Anda juga sedang belajar sesuatu yang baru, maka kecemasan Anda akan mengurangi kemampuan belajar. Kecemasan akan membuat kita kurang fokus, kurang mendengar, sehingga sulit mengingat.

3. Banyak duduk

Jika Anda tidak aktif seharian, misalnya karena pekerjaan mengharuskan banyak duduk, hal ini bisa membuat kita sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik. Pada akhirnya, kemampuan memori pun berkurang.

4. Mengonsumsi obat

Ada obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping pada kemampuan mengingat. Misalnya saja antihistamin untuk obat antialergi atau obat antidepresan.

5. Menjelang menopause

Hormon estrogen mampu melindungi fungsi kognisi. Sayangnya, kadarnya akan terus menurun seiring usia. Pada wanita, menjelang menopause estrogen akan berkurang banyak, sehingga salah satu gejala yang dialami adalah jadi pelupa.

6. Banyak gangguan

Instagram, Facebook, Twitter, email, dan juga grup percakapan di ponsel, membuat kita mudah terdistraksi. Otak kita tidak bisa menghadapi banyak stimulasi sekaligus sehingga kita sulit memusatkan perhatian pada satu hal.

Source : National Geographic Indonesia
Link Gambar : www.kompasiana.com

Previous article5 Alasan Mengapa Taman Bermain Jadi Lokasi Tepat untuk Kencan Pertama
Next articleManfaat Suka Bernyanyi untuk Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.